Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pembagian TTP di Pemkot Manado Timbulkan Resistensi

Redaksi Manado Today   |   4 April 2011 – 09:55 WITA
Manado Today – Dasar pembagian Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diatur dalam Permendagri 13 tahun 2006 dan dirobah Permendagri 59 tahun 2007, untuk Pemkot Manado dinilai belum proporsional. Hal ini disebabkan PNS dengan beban kerja tinggi dan renda ternyata menerima TTP dengan jumlah yang sama.
Hal ini jelas menimbulkan resistensi atau kecemburuan sosial bagi kalangan PNS di Pemkot Manado, yang secara tidak langsung menjadi preseden buruk bagi pelaksanaan reformasi birokrasi di pemerintahan Walikota DR Ir Vicky Lumentut MM MSi DEA SH dan wakil Harley Mangindan SE MSM.
“Masakan PNS yang beban kerja tinggi penerimaan TTPnya sama dengan PNS yang keseharian main game atau hanya mondar madir ke kantin,”ujar sejumlah PNS di salah satu bagian sekretariat daerah yang namanya engan diseutkan.
Lanjut dikatakannya, harus diakui kesalahan bukan pada personal melainkan sistem. Jika dilihat dari realita saat ini PNS di wilayah yang tingkat resiko tinggi dan biaya ekonomi tinggi seperti Bunaken, Manado Tua dan Siladen tidak bedah dengan yang ada di tempat strategis kota.
“Fakta ini terjadi karena dalam pemberian TTP faktor analisis beban kerja belum menjadi pertimbangan,”katanya
Tak pelak, pengamat politik dan pemerintahan Ferry Liando SIP MSi, menanggapi bijak terkait pemberian TTP yang tidak proporsional. Menurutnya akan menjadi salah satu faktor penghambat reformasi birokrasi. Pasalnya, reformasi birkrasi bertujuan meningkatkan kinerja aparatur yang bermuara pada pelayanan prima kepada masyarakat.
Dengan demikian pemberian TTP yang sama kecemburuan sesama aparatur tak tehindari dan pengaru terhadap peningkatan motifasi kerja.
“Mereka akan berpikir, kerja maksimal dengan kerja biasa-biasa saja akan menerima TTP yang sama,” ujar mantan wakil ketua Pemuda Sinede GMIM ini.
Lanjut dikatakan Liando, pemberian TTP bagi PNS sudah harus berbasis kinerja. “Pemberian TTP harus berdasarkan beban kerja selain kehadiran,”tuturnya. (ald)
Dikirim melalui Facebook Seluler
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading