Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Pembahasan APBD 2011 Minsel Dipertanyakan

Manado Today   |   15 Maret 2011 – 21:11 WITA

Amurang Today – Sejumlah warga masyarakat Minsel mempertanyakan kewibawaan Legislator Minsel. Pasalnya ada sejumlah pembahasan yang sebelumnya diplot dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2011, dan dinilai hanya diabaikan oleh pihak eksekutif.“Kami mempertanyakan kewibawaan DPRD Minsel,” ujar Tonny Lumenta SH, tokoh pemuda Minsel.

Menurutnya ada sejumlah item pembahasan APBD 2011 yang sebelumnya diputuskan melalui kesepakatan bersama antara eksekutif dan legislatif yang dinilai diabaikan oleh Eksekutif. Sepertihalnya, anggaran untuk Jamkesda, yang sebelumnya dibahas berjumlah 20 ribu orang, namun setelah dalam pelaksanaan justru turun menjadi 5 ribu orang saja. Demikian juga dengan dana duka cita. Padahal program tersebut sudah disepakati bersama kedua lembaga tersebut.

Menurut Lumenta, sebenarnya hal itu bisa menjadi pegangan DPRD Minsel untuk membawah persoalan itu ke rana hukum. Anggota DPRD perlu mengetahui bahwa saat pembahasan APBD 2011, dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan bersama. Manakalah salah satu lembaga tidak mengindahkan kesepakatan, berarti melanggar hukum.

“Sedangkan kesepakatan dua orang, kalau salah satu mengabaikan bisa dipidana. Apalagi ini kesepakatan antara lembaga resmi, harusnya DPRD bisa menempuh jalur hukum,” ujarnya.

Ditambahkan Lumenta apabila DPRD lebih cerdas, maka DPRD Minsel bisa mendapatkan kembali kewibawaan mereka.

“Kelihatannya hanya gedung DPR saja yang megah, sementara persoalan didalamnya tidak lagi berwibawah,” terang Lumenta.

Sementara itu Pemkab Minsel melalui, Kabag Humas Pemkab Minsel Lucky Tampi, SH mengatakan, selama ini apa yang menjadi kesepakatan dalam pembahasan dengan DPRD Minsel dijalankan sesuai ketentuan. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading