Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pembalakan Liar di Kaki Gunung Klabat Ancam Sumber Mata Air

Aldy Monareh   |   29 September 2011 – 17:47 WITA

Bitung Today – Aksi pembalakan liar di Kaki Gunung Klabat yang masih merupakan kawasan hutan lindung akhir-akhir ini masih saja terjadi. Buktinya dari penuturan sejumlah tokoh masyarakat Kumersot, pembalakan liar di kaki Gunung Klabat hingga kini masih saja terjadi, tanpa adanya tindakan dari aparat berwenang.

“Aksi pembalakan liar di kaki gunung Klabat yang masih merupakan kawasan hutan lindung sudah lama berlangsung, namun sampai saat ini belum ada tindakan pencegahan dari Dinas Kehutanan, Pertanian dan Ketahanan Pangan ataupun pihak kepolisian,” ujar salah satu tokmas Kumersot yang enggan namanya diberitakan.

Yang lebih mengherankan kata tokoh masyarakat ini, aksi yang dilakukan oleh para pembalak liar ini dilakukan secara terang-terangan tanpa ada rasa takut. Padahal setiap harinya jumlah kayu yang diangkut cukup banyak dan itu jelas-jelas berasal dari kawasan hutan lindung.

“Dikawatirkan jika ini terus terjadi akan mengancam mata air yang sehari-harinya menyuplai kebutuhan masyarakat Bitung,” keluh sejumlah tokmas Kumersot ini.

Sementara, Kadis Kehutanan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bitung, Ir Lusye Macawalang ketika dimintai tanggapannya lewat ponsel, Kamis (29/09/2011) atas aksi pembalakan liar ini mengatakan akan langsung menindaklanjuti hal tersebut dengan mengirimkan pegawainya untuk melakukan pengecekan dilokasi pembalakan liar, apakah masuk wilayah Bitung atau Provinsi.

“Saya akan minta bagian kehutanan untuk melakukan pengecekan, apakah masuk wailayah Bitung atau provinsi, karena wilayah hutan Klabat bukan hanya wewenang Pemkot Bitung tapi juga ada sebagian wewenang Kehutanan Provinsi Sulut. Biar jelas,” aku Makalawang sembari mengakui bahwa pihaknya mengalami kendala melakukan pengamanan di Hutan karena keterbatasan personil. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading