Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pembangunan Kota Bitung Singkron Dengan Kebijakan Pusat

Staff Manado Today   |   4 Agustus 2011 – 10:12 WITA

Bitung Today – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung akan mensingkronkan kebijakan prioritas daerah jangka menengah dengan perspektif arah pembangunan nasional, guna mendapatkan masukan substansi untuk penyempurnaan kebijakan, strategi dan program prioritas dalam menyusun rancangan akhir RPJM.

“Rancangan awal untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), harus disamakan persepsinya dahulu sebelum nantinya akan ditetapkan menjadi peraturan daerah,” ujar Wali Kota Bitung, Hanny Sondakh saat memimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) yang berlangsung di gedung BPU Pemkot Bitung.

Sondakh berharap melalui Musrenbang akan menghasilkan indikasi rencana program prioritas pembangunan jangka menengah daerah yang disesuaikan kemampuan pendanaan.

“Hal inipun harus memiliki komitmen bersama antar pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJM Daerah dalam melaksanakan pembangunan yang utuh, terarah dan mencakup semua aspek,” kata Sondakh.

Sondakh mengatakan aspek tersebut mencakup pelayanan dan pembangunan yang bertitik beratkan pada kebutuhan masyarakat luas, sehingga menyentuh semua kepentingan.

Sebelumnya Kepala Bappeda kota Bitung, James Rompas dalam laporannya mengatakan, RPJM Daerah Kota Bitung merupakan landasan penyelenggaraan pembangunan yang harus dirumuskan secara sistematis dan berkualitas.

“Dengan demikian pastinya akan berdampak baik bagi masyarakat untuk lima tahun kedepan,” ujar Rompas.

Dikatakan Rompas, melalui perumusan inilah akan menentukan arah dan kebijakan pemerintah sesuai dengan visi dan misi pemerintah kota Bitung.

Sementara kepala Bappeda provinsi sulawesi utara (Sulut), Noldy Tuerah ketika hadir sekaligus memaparkan materi berkenaan dengan rencana pembangunan seantero provinsi Sulut, lebih menitik beratkan pada masalah umum yang ada kaitannya dengan Kota Bitung.

“Ada bebarapa poin penting yang harus dijabarkan berkaitan dengan kebijakan pembangunan Nasional dan provinsi Sulut di kota Bitung,” katanya.

Diantaranya jalan tol Manado – Bitung, kawasan pembangunan minapolitan, kawasan pengembangan ekonomi khusus, pembangunan jalan, rencana pembuatan pembangkit listrik geotermal yang berada di Kelurahan Duasudara, perluasan pelabuhan Bitung, serta rancangan tata ruang wilayah berdasarkan multi aspek dan multi fungsi.

Adapun kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bitung ini, prosesnya untuk lima tahun kedepan, dari 2011 hingga 2016.

Musrembang ini akan dilakukan selama dua hari, mulai Rabu (3/8) hingga Kamis (4/8).

Musrembang kali ini, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung, Edison Humiang, para assisten, para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tokoh agama dan tokoh masyarakat.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading