Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemekaran Kecamatan Malalayang Masih Abu-abu

Aldi Mawitjere   |   22 Oktober 2011 – 09:34 WITA

Mokalu Terkesan Enggan Melepas

Manadotoday.com, Manado – Rencana pemekaran Kecamatan Malalayang sudah dilakukan sejak Camat Drs Spener Tahulending MSi. Bahkan sudah melalui kajian dari persyaratan teknis dan telah dianggap layak sebagaimana proses administrasinya. Ironisnya, camat Malalayang Tresye Mokalu SPd, seakan-akan masih enggan untuk melepasnya.

“Karena, jika ditambah dengan jumlah kelurahan pemekaran nantinya hanya akan berjumlah sembilan kelurahan. Jadi Kecamatan Malalayang belum layak dimekarkan,”ujar Mokalu kepada sejumlah wartawan.

Alhasil, pemekaran kecamatan Malalayang dinilai masih abu-abu, karena terkendala kurang maksimalnya camat melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat.

Padahal, tujuan dilakukan pemekaran tersebut untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sebagaimana komitmen walikota Dr GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Harley AB Mangindaan SE MSM.

Dilain pihak, ternyata hingga kini pemekaran lingkungan dan kelurahan seakan diperlambat dan kurang mendapat perhatian serius dari camat.

“Camat masih terbawa pola lama yakni suka dengan wilayah yang besar. Era sekarang pendekatan pelayanan cepat dan terarah. Informasi kurang seriusnya camat melakukan pemekaran lingkungan sudah berlangsung lama, padahal camat sebelumnya Pak Spener telah merintisnya.” terang Widdy pemuda Kelurahan Kleak.

Sontak saja, keinginan Camat tersebut sangat bertolak belakang dengan harapan Wakil Walikota Harley AB Mangindaan SE MSM yang meminta dukungan warga masyarakat terhadap rencana pemekaran wilayah tersebut, sebab hal ini akan menguntungkan bagi warga.

“Dari segi syarat pemekaran kecamatan tentunya sudah melalui kajian dari persyaratan teknis dan administrasinya. Termasuk, persyaratannya fisik cakupan minimal lima kelurahan, selain itu pula harus menguji tata ruang, sosial, politik dan budaya,” ungkap Ai sapaan akrab wawali.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading