Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pemekaran Kelurahan di Tomohon Ditunda

Ardi Kalumata   |   23 Februari 2012 – 21:33 WITA
rotikan james

James Rotikan SE

Tomohon, (manadotoday.com)—Untuk sementara waktu, di Kota Tomohon tidak ada pemekaran kelurahan. Padahal, saat ini sudah ada kelurahan yang telah membentuk panitia pemekaran. Kelurahan dimaksaud adalah Paslaten II Kecamatan Tomohon Timur.
Penundaan sementara atau moratorium pemekaran kelurahan ini merupakan Edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 140/418/PMD tanggal 13 Januari 2012 tentang Moratorium Pemekaran Desa dan Kelurahan. Yang kemudian diteruskan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara Sulut.
Demikian diungkapkan Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Tomohon James Rotikan SE. Menurutnya, Pemkot Tomohon telah memperoleh Surat Edaran Pemprov Sulut dengan nomor 140/282/Sekr-RD-Pemhumas tertanggal 2 Februari 2012.
‘’Ya, surat tersebut ditujukan ke seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara,’’ ungkap Rotikan.
Pada poin keenam surat tersebut tertulis, Pemerintah Kabupaten/Kota mempedomani ketentuan perundangan yang berlaku dan atau melakukan penundaan sementara (Moratorium) terhadap pemekaran-pemekaran desa/kelurahan di wilayah masing-maisng sampai ada ketentuan lebih lanjut.
‘’Yang boleh ada pemekaran atau yang dikecualikan adalah kelurahan atau desa yang berada di kepulauan atau daerah terpencil dan di daerah-daerah perbatasan antar negara yang benar-benar mengalami kesulitan geografis dan manajerial dalam melaksanakan unsure pelayanan kepada masyarakat,’’ jelas mantan Camat Tomohon Barat dan Tomohon Selatan ini.
Ditambahkannya, dalam waktu dekat pihaknya akan meneruskan edaran ini ke tingiat kecamatan dan kelurahan.
‘’Ya, alasan moratorium ini karena banyak kelurahan dan desa yang dimekarkan lalu akhirnya membebani daerah,’’ tukas Rotikan yang juga pernah menjabat Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakot Tomohon ini. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading