Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pemenang Tender DAK Pendidikan Diduga Diatur Pejabat

Staff Manado Today   |   12 Oktober 2011 – 07:48 WITA

Manadotoday.com, Ratahan – Pemenang tender proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan untuk tahun 2011 diduga kuat telah diatur seting oleh oknum-oknum pejabat di jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), sehingga proses tender hanya formallitas.
Jika dugaan ini benar, maka proses tender DAK Pendidikan tahun 2011 di Mitra menyalahi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa yang dengan tegas melarang adanya praktek KKN dan penipuan terhadap proses pentenderan yang tidak lagi mengacu pada aturan dan mekanisme yang sudah ditetapkan.
Hal ini tokoh masyarakat Mitra yang sekaligus pemerhati pembangunan di Mitra Mouretz Tampi SIP. Menurutnya, ini merupakan suatu pembohongan publik dan tak relevan karena tak lagi megacu pada aturan dan mekanisme yang telah ditetapkan. Penawaran rendah dikalahkan oleh penawaran tinggi.
‘’Kami menduga, panitia juga menyediakan jasa untuk pembuatan penawaran kepada pihak kontraktor, dan sudah ditentukan besarannya yang harus dibayarkan. Proses tendernya jelas tidak fair, ”ungkap Tampi mewakili kekecewaan sejumlah kontraktor.
Dikatakannya lagi, kontraktor atau pemborong diduga telah memfasilitasi biaya akomodasi, makan dan biaya entertain lainnya, kepada panitia. Ditambah lagi, ketua panitia pernah mengeluarkan pernyataan yang mengenyampingkan Kadis dan PPK, karena ketua panitia hanya mau mendengarkan arahan dan petunjuk dari orang-orang dekat Bupati dan pejabat elit politik di Mitra, guna memenangkan tender.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Mitra, Dra Olvie Sumual MPd ketika dikonfirmasi mengatakan, secara teknis proses tender ditangani oleh panitia. “(Proses tender) Ini adalah hal yang sangat teknis sehingga ada panitia yang khusus menanganinya. Sejauh ini belum ada laporan dari panitia adanya persoalan. Kalau kemudian ada sorotan seperti itu, saya akan cek dulu ke panitia tender,” jelasnya.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading