Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Tes Narkoba CPNS Mitra Tuai Polemik

Redaksi Manado Today   |   7 Februari 2011 – 11:59 WITA

Ratahan Today-Rencana pemeriksaan Urine bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Mitra Tahun 2010, yang disebutkan merupakan persyaratan mutlak untuk menyandang PNS 100 persen di kabupaten Minahasa tenggara (Mitra), seperti yang dikatakan Kaban BKD Drs Robby Ngongoloy MSi, belakangan mendapat reaksi pro dan kontra di kalangan masyarakat Mitra. 

Ngongoloy menyebutkan setiap CPNS mutlak mengikuti Tes Urin, untuk meyakinkan bahwa yang bersangkutan tidak tersangkut dengan persoalan Narkoba (Narkotika dan Obat-obat terlarang), sehingga bagi yang terbukti menggunakan Narkoba, langsung diproses pemecatan.
Hanya saja, menurut LSM Gema Mitra melalui Ketua Viddy Ngantung mengatakan, tidak ada jaminan bahwa hasil tes Urin bagi CPNS benar-benar Independen dan dapat dipercaya. Sebab lanjut Ngantung, bisa saja CPNS pengguna Narkoba menggunakan Joki, saat pengambilan Urine
“Jadi BKD harus memnggunakan fasilitas dan petugas medis yang dipercayakan untuk memeriksa Urin, sehingga hasilnya dapat dipercaya,” tegasnya.
Dipihak lain Pemerhati pemerintahan Mitra Jemmy K menanggapi persoalan Pemeriksaan urin CPNS tersebut hanya buang-buang uang. Menurutnya, dalam tahapan seleksi awal CPNS sudah dilakukan Tes Urine dan itu memakan biaya yang besar. 
“Kan pada waktu permasukan berkas sudah ada keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani, dan itu anggarannya sekitar 750 ribu hingga 1 juta rupiah, dalam pengurusan Surat Keterangan Sehat Jasmanai dan Rohani. Itukan termasuk juga bebas Barkoba, mengapa sekarang masih ada lagi embel-embel pemeriksdaan khusus Narkoba bagi CPNS 2010,” tandasnya. (vel)

Ratahan Today-Rencana pemeriksaan Urine bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Mitra Tahun 2010, yang disebutkan merupakan persyaratan mutlak untuk menyandang PNS 100 persen di kabupaten Minahasa tenggara (Mitra), seperti yang dikatakan Kaban BKD Drs Robby Ngongoloy MSi, belakangan mendapat reaksi pro dan kontra di kalangan masyarakat Mitra. Ngongoloy menyebutkan setiap CPNS mutlak mengikuti Tes Urin, untuk meyakinkan bahwa yang bersangkutan tidak tersangkut dengan persoalan Narkoba (Narkotika dan Obat-obat terlarang), sehingga bagi yang terbukti menggunakan Narkoba, langsung diproses pemecatan.Hanya saja, menurut LSM Gema Mitra melalui Ketua Viddy Ngantung mengatakan, tidak ada jaminan bahwa hasil tes Urin bagi CPNS benar-benar Independen dan dapat dipercaya. Sebab lanjut Ngantung, bisa saja CPNS pengguna Narkoba menggunakan Joki, saat pengambilan Urine“Jadi BKD harus memnggunakan fasilitas dan petugas medis yang dipercayakan untuk memeriksa Urin, sehingga hasilnya dapat dipercaya,” tegasnya.Dipihak lain Pemerhati pemerintahan Mitra Jemmy K menanggapi persoalan Pemeriksaan urin CPNS tersebut hanya buang-buang uang. Menurutnya, dalam tahapan seleksi awal CPNS sudah dilakukan Tes Urine dan itu memakan biaya yang besar. “Kan pada waktu permasukan berkas sudah ada keterangan Sehat Jasmani dan Sehat Rohani, dan itu anggarannya sekitar 750 ribu hingga 1 juta rupiah, dalam pengurusan Surat Keterangan Sehat Jasmanai dan Rohani. Itukan termasuk juga bebas Barkoba, mengapa sekarang masih ada lagi embel-embel pemeriksdaan khusus Narkoba bagi CPNS 2010,” tandasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading