Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Pemerintah Diminta Bertanggung Jawab atas Bencana Banjir Bandang

Staff Manado Today   |   18 Juni 2011 – 10:49 WITA

Gorontalo Today – Rahman Dako, Aktivis Jaringan Advokasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Provinsi Gorontalo, mengatakan bahwa pemerintah harus bertanggung jawab atas bencana banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Menurutnya, bencana yang meporak-porandakan delapan desa di Kecamatan Bone pada Rabu (15/06) tersebut, bukan hanya disebabkan oleh tingginya curah hujan, namun merupakan dampak dari kerusakan hutan Taman Nasional Nani Wartabone, akibat kebijakan pemerintah yang kurang memperdulikan masalah lingkungan hidup.

“Para aktivis lingkungan telah mengingatkan hal ini sebelumnya,” tegas Rahman.

Rahman menyatakan, pemerintah Provinsi maupun Kabupaten Bone Bolango harus sadar serta kembali mengevaluasi kebijakan terhadap Taman Nasional Nani Wartabone. Sebab menurutnya kebijakan pemerintah selama ini dinilai lebih mementingkan unsur ekonomi daripada dapmpaknya pada kerusakan lingkungan hidup.

Hal tersebut menurut Rahman, bisa dibuktikan dengan alih status Taman Nasional Nani Wartabone guna kepentingan pertambangan emas dalam skala besar yang dikelola PT Gorontalo Minerals.

“Pemerintah seharusnya jangan membela pihak pemodal saja, kemudian menyalahkan warga,” tuturnya sambil menambahkan pemerintah harus benar-benar berkomitmen dan konsisten menerapkan aturan prolingkungan. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading