Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemerintah Dinilai Lakukan Manipulasi Data PNS

Aldi Mawitjere   |   10 Oktober 2011 – 22:46 WITA

Gaji Pegawai Berkurang Tajam, TTP Malah Bertambah

Manado Today – Ketua Komisi A DPRD Kota Manado Sultan Udin Musa SH MH, mengatakan Pemerintah Kota Manado dinilai telah melakukan manipulasi data atau jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke pemerintah pusat. Sebab, dalam pembahasan APBD-Perubahan TA 2011, didapati banyak anggaran dalam belanja tidak langsung yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) mengalami pengurangan signifikan. Di satu sisi, Tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai atau TTP justru bertambah.

“Masak gaji pegawai boleh berkurang tajam dari APBD induk? Ini yang lucu. Sementara di sisi lain ada kenaikkan TTP. Seharusnya TTP dan DAU belanja tidak langsung berbanding lurus. Yang jadi persoalan, berarti laporan terhadap jumlah dan daftar pegawai tidak valid. Sekarang pengurangan dana ini mau digeser kemana?” tanya Udin.

Saat pembahasan, Udin mengatakan dana belanja tidak langsung, terutama gaji pegawai dibeberapa SKPD justru dipangkas atau dipotong. Bahkan ada SKPD yang dipotong sampai Rp 200 juta bahkan ada yang sampai Rp 720 juta oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Kami tahu TPAD tidak berkonsultasi dengan pimpinan SKPD. Etika birokrasi, ketika TAPD memangkas anggaran ini, pimpinan SKPD-nya harus tahu dong,” kata personil Partai Golkar yang dikenal kritis tersebut.

Dia mengatakan ada dua kemungkinan terjadinya pengurangan siginifikan terhadap gaji pegawai. Pertama, bisa jadi karena banyak PNS yang pensiun atau dimutasi dan yang kedua ada PNS yang meninggal.

“Namun setelah dikroscek, tidak ada yang dimutasi dan tidak ada yang pensiun. Berarti data PNS tidak valid. Pengurangan sudah sampai Rp 1 miliar lebih dari DAU. Dana ini digeser kemana?” herannya.

Yang lucu lagi, menurut dia, jika ambil perbandingan pada tahun 2010, APBD terjadi defisit sebesar Rp 5 miliar. Artinya ada pengurangan. “Dan kalau sekarang berkurang tajam, ada berapa PNS di Manado ini yang mati? Sehingga harus dikurangi?” tukasnya. Meski begitu, Udin tak merinci nominal belanja tidak langsung yang mengalami pengurangan serta TTP yang bertambah.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading