Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Pemerintah Harus Optimal Mencegah Penjualan Miras tak Berizin

Redaksi Manado Today   |   30 Maret 2011 – 14:49 WITA

Manado Today – Pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di Provinsi Sulawesi Utara harus berupaya optimal mencegah peredaran minuman keras tak berizin, yang merupakan salah satu penyebab tingginya tingkat kriminalitas di provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ketua KTNA Sulut Lexie Solang

Lexie Solang

“Pada Perda No 18 Tahun 2000 jelas mengatur lokasi mana saja yang diizinkan menjual miras, tidak bisa di sembarangan tempat,” kata anggota Badan legislasi DPRD Sulut Lexi Solang, di Manado, Rabu.
Walaupun pada perda 18 Tahun 2000 tentang Penanggulangan Mabuk dan Peredaran Miras itu, masih banyak kekurangan terhadap penegakan aturan dan sanksi, namun sistem jual beli harus ditegakkan.
Menurutnya, warung-warung seharusnya tidak diizinkan menjual miras karena mudah didapatkan oleh siapapun, dan jelas pemicu tindak kriminalitas bisa saja dari minuman tersebut.
DPRD Sulut juga bakal mengusulkan aturan bagi siapa saja yang membeli miras itu, yakni tidak boleh dibawah umur atau juga bisa menggunakan identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sebagainya.
Pengurus Gerakan Peduli Rakyat Sulut (GPRS) Taufik Tumbelaka, menyayangkan rencana pemerintah dan DPRD Sulut untuk merevisi Perda No.18 itu belum juga dilakukan, padahal regulasi itu masih banyak kekurangan terhadap penegakan sanksi.
“Kalau bisa peredaran miras itu dibuat lebih ketat dan selektif, supaya tidak mudah didapat masyarakat,” kata pria lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) Jogyakarta ini.
Menurutnya, saat ini saja banyak siswa-siswa secara bebas mendapatkan miras dan mabukan secara bersama-sama, tanpa ada pengawasan lebih ketat dan optimal dari semua pihak. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading