Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pemerintah Kota Bitung Laksanakan Musrenbang

Redaksi Manado Today   |   28 Maret 2011 – 23:45 WITA

Bitung Today – Pemerintah Kota Bitung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan 2011, terutama menyusun arah dari program pembangunan sehingga lebih tepat sasaran dan bermanfaat.

Kepala Bappeda Bitung, James Rompas, di Bitung, Senin, mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk menyinkronkan hasil Musrenbang kecamatan dengan rencana kerja ASKPD, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten/Kota serta Provinsi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Kegiatan itu sendiri telah dibuka Wakil Wali Kota Bitung Maximilian Lomban, yang diikuti semua pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pimpinan kecamatan, kelurahan dan sebagainya, Senin.

Dikatakan Rompas, Musrembang Kota Bitung merupakan tahapan dari penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2012.

Adapun tujuannya lanjut Rompas, untuk mewujudkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pada rencana-rencana kerja masing-masing SKPD dalam menetapkan dan melaksanakan sejumlah prioritas pembangunan.

“Prioritas dimaksud antara lain, masukan-masukan untuk menyusun RKPD Kota Bitung, yang merinci berbagai kegiatan prioritas pembangunan, plafon atau pagu dana, berdasarkan SKPD yang akan digunakan sebagai dasar untuk pemutakhiran kebijakan anggaran, kemudian rincian Rancangan Awal Renja dan Anggaran (RKA-SKPD),” ungkapnya.

Selanjutnya Sinkronisasi rancangan Renja-SKPD dengan rencana kegiatan sesuai tingkatan yang membutuhkan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah kota Bitung yang memerlukan dukungan pendanaan, baik dekonsentrasi maupun tugas pembantuan DAK dan DP, kata Rompas.

Wakil Wali kota Bitung, Maximilian J Lomban dalam sambutannya, berharap melalui Musrenbang ini, dapat melahirkan pemikiran-pemikiran sebagai pemberi gambaran tentang rancangan awal maupun Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD Kota Bitung Tahun 2012.

“Hal dimaksud meliputi pendahuluan, visi dan misi daerah, gambaran kondisi umum terkini daerah, analisa juga perkiraan sumber-sumber pendanaan daerah, prioritas pembangunan daerah Tahun 2012 serta kaidah pelaksanaannya,” ungkap Lomban.

Kegiatan inipun dihadiri oleh forum pimpinan daerah antara lain, Wakil Ketua I DPRD Bitung Ir Maurits Mantiri, Wakil Ketua II DPRD Bitung, Dra Baby Palar MAP, Dandodik secata B, Tiur Siahaan, Sekretaris Daerah Kota Bitung, Drs Edison Humiang MSi, para Kepala SKPD, tokoh Agama, tokoh masyarakat, Perguruan tinggi, BUMN dan BUMD. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading