Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Pemkab dan Polres Sangihe Diminta Identifikasi Nelayan Filipina di Towo’e

Redaksi Manado Today   |   12 April 2012 – 19:57 WITA

TAHUNA, (manadotoday.com) – Puluhan nelayan asal Negara Filipina yang ditenggaran tak memiliki identitas lengkap, saat ini tinggal di Towo’e Kelurahan Sawang Bendar dan di Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur.  Sebagia besar para nelayan tersebut, bekerja sebagai awak di kapal ikan milik nelayan Sangihe.

Pelak saja, keberadaan nelayan asing itu, memunculkan reaksi dari berbagai elemen masyarakat di daerah ini.

Johny Rompas, salah satu tokoh masyarakat Sangihe, meminta agara Pemkab Sangihe melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerja sama dengan para camat dan Lurah untuk melakukan identifikasi terhadap para nelayan asal Filipina yang jumlahnya sudah hampir mencapai ratusan orang.

“Pihak Kesbangpol, harus bersikap proaktif menyikapai keberadaan para nelayan Filipina yang tinggal di Kota Tahuna, namun tidak memiliki dokumen resmi. Dari data yang kami peroleh, di Towo’e, ada sekitar 45 nelayan asal Filipina yang tinggal di salah satu rumah penduduk setempat, tanpa diketahui oleh pemerintah setempat. Belum lagi yang tinggal di Kelurahan Todore yang mencapai 37 orang,” tukas Rompas, saat bersua dengan manadotoday, Kamis (12/4/2012).

Ia menambahkan,  bahwa keberadaan para nelayan asal Negara Filipina bagian Selatan itu patut diwaspadai, karena tidak menutup kemungkinan, diantara mereka terdapat anggota kelompok terorisme yang melakukan aksi penyusupan.

“Selain pemerintah daerah, aparat Kepolisian melalui petugas intelejennya agar terus melakukan pengawasan terhadap aktifitas para nelayan asal Filipina yang ada di Kota Tahuna,” ucap Rompas. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading