Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Pemkab Gorontalo Tetapkan Besaran Zakat Fitrah 2011

Staff Manado Today   |   24 Juli 2011 – 14:32 WITA

Gorontalo Today – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gorontalo, menetapkan besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan setiap umat muslim di bulan Ramadhan untuk tahun 1432 Hijriah atau 2011.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekkab Gorontalo, Yusuf Hida, kepada pers di Gorontalo, mengatakan untuk penetapan besaran jumlah zakat fitrah tahun 2011, telah dilakukan rapat bersama.

Rapat tersebut, dilakukan Pemerintah Daerah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama, unsur dari Muhammadiyah, Syarikat Islam, Nahdhatul Ulama (NU) dan tokoh-tokoh agama di daerah tersebut.

Hida menjelaskan, hasil rapat tersebut menetapkan jumlah zakat fitrah dimana untuk beras, sesuai takaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan adalah 2,5 kilogram atau 3,5 liter.

Sedangkan untuk besaran zakat fitrah yang akan dibayarkan menggunakan uang, maka setiap jiwa ditetapkan membayar zakat fitrah sebesar Rp20 ribu.

Hida mengatakan, penetapan besaran harga untuk beras, dilakukan berdasarkan hasil survei pada sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Gorontalo.

“Pemerintah daerah berharap, penetapan zakat fitrah yang sudah dikeluarkan sebelum bulan Ramadhan, bisa lebih mengefektifkan sosialisasi terkait besaran pembayaran zakat fitrah di daerah ini untuk tahun 2011,” Jelas Hida.

Apalagi, kata dia, jika umat muslim di daerah tersebut, telah menyampaikan aspirasinya agar Pemerintah Daerah segera mengumumkan besaran jumlah zakat fitrah yang wajib dibayarkan untuk tahun 2011.

Sehingga, seluruh umat Islam di Kabupaten Gorontalo, bisa memenuhi kewajibannya untuk membayar zakat fitrah sesuai perintah agama di bulan Ramadhan nanti.

Rapat penetapan zakat fitrah di Kabupaten Gorontalo, melibatkan seluruh instansi berwenang di daerah.

Agar penetapan tersebut, mendapatkan kesepakatan sesuai ketentuan Agama, dan penentuan harga disesuaikan dengan antisipasi kenaikan harga beras yang bisa saja terjadi pada bulan Ramadhan nanti, jelas Hida. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading