Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Pemkab Minahasa Selatan Perlu Lirik “Urat Nadi” Perkonomian Baru

Aldi Mawitjere   |   4 April 2012 – 15:12 WITA

Akses Raanan Baru – Toyopon Tembus Durian Sinonsayang Harus Dibuka

AMURANG, (manadotoday.com) – Salah satu tokoh masyarakat dan pemerhati pembangunan Minahasa Selatan, Ir Andry Harits Umboh Msi, memberikan gagasan brilian kepada Pemerintah dibawah pimpinan Christiani Eugenia Paruntu, untuk membuka ruas jalan Raanan baru – Toyopon tembus ke Desa Durian Kecamatan Sinonsayang.

Pemkab Minahasa Selatan Perlu Lirik “Urat Nadi” Perkonomian Baru

Umboh saat melakukan pengenalan dan pelatihan SIPKD di Pemerintah Boven Digoel, tanah merah, Provinsi Papua.

Tak ayal, dengan adanya akses jalan tersebut, secara otomatis urat nadi perkonomian di Minahasa Selatan itu juga bertambah.

“Poigar Mongondow dan juga Lolak yang sekarang sudah menjadi Ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow. Untuk itu, potensi ini perlu dilirik oleh Pemkab Minsel, sebagai jalur pasar perekonomian baru,”ujar Umboh yang kini ditugaskan pemerintah pusat untuk melakukan Sosialisasi Pengenalan dan Pelatihan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) di tanah Papua.

Lanjut dikatakan mantan ketua komisi A DPRD Minsel yang berhasil mencetuskan Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga menjadi peraturan daerah.

Meski begitu, tokoh pejuang pemekaran Minahasa Selatan itu, tek serta merta untuk segera direalisasikan, namun harus disesuaikan dengan perencaan pembangunan dan kemampuan keuangan daerah.

“Ada strategi yang perlu dicobakan untuk menggolkan usulan ini. Pada saat musrenbang kecamatan, kecamatan Motoling, Motoling Barat harus saling koordinasi dengan Kecamatan Sinonsayang, agar item program/kegiatan ruas jalan Toyopon-Durian diusulkan sebagai kebutuhan kedua kecamatan. Tapi yang paling briliyan apabila ibu bupati, secara langsung memerintahkan dinas pu untuk mengagendakan program ini… ,”ujar pria low profil itu kepada manadotoday Selasa Rabu (4/4/2012) sembari berkata dengan bahasa daerah tontembian, sa woon ci ? (kalau bisa si?) sambil tertawa heheheee. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading