Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Selatan

Pemkab Minsel Kembali Gelar Rolling Esalon II Tanpa Persetujuan Gubernur

David Masengi   |   5 Juli 2012 – 20:08 WITA
Tetty Paruntu

kantor Pemkab Minsel

AMURANG, (manadotoday.com) –  Berdasarkan peraturan dan perundang-undangan rolling pejabat esalon II harus mendapat persetujuan Gubernur. Namun apa yang telah dilaksanakan Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) dengan melakukan rolling pejabat esalon II tanpa persetujuan Gubernur telah menambah panjang kebobrokan birokrasi di bawah komando Bupati Christiany Eugenia Paruntu.

Menurut pemerhati pembangunan dan pemerintahan Minsel, Christian Sumual SIP, mengatakan dikembalikannya usulan Baperjakat Minsel, karena belum mendapat persetujuan Baperjakat Pemprov, seharusnya diperbaiki dan bersabar menunggu hingga benar-benar fix sesuai aturan.

“Roling pejabat sah-sah saja dalam dunia birokrasi, namun apa yang dilaksanakan oleh Baperjakat Minsel, terkesan dipaksakan menambah tinta buruknya birokrasi di bawah pemerintahan Bupati Tetty Paruntu,”ujarnya.

Parahnya lagi, himbauan Gubernur SH Sarundajang agar dalam melakukan rolling jangan ada pejabat yang nonjob tidak dihiraukan Beperjakat Minsel.

“Roling bisa saja dilakukan asalkan tidak ada yang nonjob,”tukasnya.

Senada dikatakan tokoh masyarakat Minsel, Decky Mintje, bahwa rolling yang telah dilaksanakan tersebut jelas-jelas telah menyalahi aturan meski disatu sisi masih sebatas penunjukan sebagai pelaksana tugas.

“Rolling memang hak dari pada Bupati, namun bukan untuk esalon II. Kalau untuk esalon III dan IV Bupati bisa mengangkat dan memberhentikan kapan saja tanpa nonjob. Akan tetapi untuk esalon II harus dikonsultasikan dengan Baperjakat Provinsi kemudian mendapat persetujuan Gubernur. Jadinya rolling ini terkesan dipaksakan dan kental dengan kepentingan kelompok,”terang Mintje.

Sementara itu, Bupati Paruntu, yang dikonfirmasi melalui Plt Bagian Humas Pemkab Minsel, Alvons Sumengge SSTP, hanya bisa membenarkan akan pelaksanaan rolling pejabat tersebut.

“Ya memang benar, tadi malam ada rolling pejabat yakni 6 pejabat eselon II dilantik sedangkan untuk 3 pejabat eselon II dinonjobkan dan sebagian pejabat dari eselon III,” singkatnya.

Seperti diketahui rolling sejumlah pejabat esalon II dan III yang dilaksanakan pada malam hari itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah, Drs MC Kairupan berdasarkan SK Bupati. Sayangnya, Kairupan ketika hendak dikonfirmasi tentang nomor SK penunjukan esalon II serta pelantikan esalon III seakan tak tahu menahu.

“Silakan tanyakan ke BKD nomor SK-nya,”singkatnya. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading