Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Pemkab Minsel Perbaiki Bendungan Sulu

Staff Manado Today   |   5 Agustus 2011 – 08:08 WITA

Manado Today – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan segera memperbaiki bendungan di Desa Sulu, yang rusak akibat banjir bandang belum lama ini, guna membantu pertanian masyarakat.

“Bendungan itu harus segera diperbaiki, karena jika diulur-ulur dampaknya sangat buruk bagi kegiatan irigasi sawah milik warga,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Minahasa Selatan, Jootje Tuerah.

Anggaran pembangunan bendungan tersebut diperkirakan mencapai Rp7,5 miliar dan diharapkan mampu menyelesaikan sejumlah kerusakan akibat banjir bandang akibat meluapnya sungai Nimanga itu.

“Dana perbaikan bendungan itu sementara diupayakan dari Pemkab Minahasa Selatan, baik melalui APBD maupun upaya penambahan anggaran dari pemerintah pusat,” ujar Tuerah.

Hanya saja, kata dia, pembangunan bendungan ini akan dilakukan secara optimal dengan mempertimbangkan risiko lainnya, karena bisa memunculkan persoalan baru, yakni ancaman banjir di desa tetangga yakni Lelema.

“Dari kondisi geografis, ketinggian tanah di Desa Lelema sangat rendah atau di bawah jalur sungai,” tambahnya.

Solusi lain untuk mengatasi dampak tersebut adalah membangun Dam atau tanggul di bantaran sungai, yang fungsinya untuk menahan air.

“Pembangunan Dam itu juga membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, sehingga membutuhkan kerja sama atau lintas koordinasi instansi agar ditangani secara bersama-sama,” katanya.

Anggota DPRD Minahasa Selatan Rommy Pondaag mengatakan, perbaikan atau rehabilitasi bendungan di Sulut harus dilakukan secara terencana dan matang, sehingga tidak membawa dampak atau persoalan di kemudian hari.

“Jika pembangunan itu hanya dilakukan tanpa ada rencana optimal, risikonya bisa terjadi bencana banjir ulang dan rakyat yang dirugikan,” jelas ketua Fraksi PDIP itu.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading