Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pemkab Mitra Segera Salurkan Kembali Bibit Kobuma

Staff Manado Today   |   18 Juli 2011 – 22:06 WITA

Ratahan Today – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) akan menyalurkan kembali bibit Kobuma kepada masyarakat yang terkena bencana. Ini dikarenakan lahan yang telah ditanami pasti rusak karena semburan abu Vulkanik Soputan.

Menurut Asisten II Pemkab Mitra Ir Hanny Roring, Gerakan Sentuh Tanah Komoditas Bumbu Masak (GST Kobuma) di Desa Pangu akan menjadi perhatian khusus dari pemerintah, karena program ini merupakan unggulan dari kabupaten pemulihan, maka akan segera dilakukan perbaikan atau pemberian bibit baru kepada masyarakat.

‘’Pasti dengan adanya bibit baru, akan tumbuh dengan subur pasca semburan abu vulkanik khusus untuk Desa Pangu,” ujar Roring.

Selain itu, Roring mengatakan Pemkab Mitra akan terus melanjutkan program GST Kobuma, meskipun pelaksanaannya di sejumlah desa terjadi kegagalan.

“Kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena kegagalan ini diakibatkan oleh bencana.. Dan kita akan tetap melanjutkan program ini, dan nantinya untuk Desa Pangu Raya, Pemkab Mitra melalui instansi terkait akan menyalurkan bibit tanaman Kobuma, untuk ditanam kembali di pekarangan rumah, “ujar Roring.

Lebih lanjut Roring mengungkapkan, mengenai laporan secara berkala untuk pelaksanaan program di Desa Pangu Raya akan dimulai dari awal lagi.

“Laporan ini penting untuk penilaian program, karena kesuksesan program ini disetiap Desa akan mendapatkan apresiasi dari Pemkab Mitra, untuk itu laporan secara berkala harus ada, namun untuk Desa Pangu Raya sendiri harus dimulai dari awal lagi,” kata Roring.

Diketahui Program ini sendiri telah berjalan kurang lebih 3 bulan lamanya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading