Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pemkot Bitung Didesak Atasi Penyebaran Penyakit Malaria

Manado Today   |   4 Juli 2011 – 16:58 WITA

Bitung Today – Meski beberapa hari lalu Pemkot melalui Dinas Kesehatan Kota Bitung telah menyalurkan ribuan kelambu untuk mengantisipasi penyakit Malaria. Namun, hal ini belum bisa sepenuhnya menangkal penyebaran penyakit tersebut.

Hal ini terbukti di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manembo-nembo sejumlah pasien yang datang berobat yang berasal dari Kelurahan Wangurer Barat kebanyakan menderita penyakit Malaria. Mereka meminta agar pemerintah Kota cepat mengantisipasi penyakit yang disebabkan oleh Nyamuk Anopheles (Penyebab penyakit Malaria) ini sehingga tidak akan mewabah.

Beberapa keluarga pasien yang ditemui manadotoday di RSUD Manembo-nembo, Senin (04/07/2011) mengakui selang dua minggu terakhir baik orang dewasa maupun anak-anak banyak yang terserang penyakit ini.

“Kami harap pemkot melalui Dinkes Bitung cepat bertindak, agar penyakit Malaria tidak akan mewabah,” terang Jusuf warga Wangurer yang sedang menunggui keluarganya yang sedang dirawat.

Terpisah, Direktur RSUD Bitung dr.Vonny Dumingan di konfirmasi membenarkan adanya pasien malaria yang saat ini sementara dalam perawatan. Dijelaskannya, kelambu yang telah disalurkan Pemkot memang sangat membantu meminimalisir Malria, namun harus diingat nyamuk Anpoheles aktif sekitar jam 5-6 sore.

“Nyamuk ini waktu rawannya jam 5 hingga Jam 6 Sore,” terang Dumingan.

Untuk itu Dumingan menyarankan, agar warga masyarakat kontrol terhadap kebersihan lingkungan, lebih khusus bagi mereka yang tinggal ditepi pantai dan kawasan rawa.

“Perhatikan kebersihan lingkungan, mulai dari rumah kita dan lingkungan sekitar, karena lingkungan yang bersih maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk Malaria,” ujarnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading