Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Pemkot Bitung Dinilai Enggan Tegur Perusahan yang Buang Limbah ke Laut

Staff Manado Today   |   28 April 2011 – 10:49 WITA

Bitung Today – Pembuangan limbah ke laut oleh sejumlah perusahaan yang mendiami garis pantai kota Bitung belum juga mendapat perhatian atau tindakan nyata dari Pemkot.Padahal, menurut data Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bitung, hanya ada satu perusahaan yang berdiri di pesisir pantai kota Bitung mengantonggi ijin pembuangan limbah ke laut.

“Hanya PT Bimoli yang mempunyai ijin membuang limbah di laut, selebihnya tidak ada ijin sama sekali. Namun tetap membuang
limbahnya ke laut,” kata Kepala Seksi Pengendalian dan Pencemaran Kota Bitung, Jefry Kandouwangko. Kata Kandouwangko, perusahaan-perusahaan yang sekian tahun telah beroperasi di sepanjang garis pantai kota Bitung dan tidak mempunyai ijin pembuangan limbah ke laut adalah PT Sinar Pure Food, PT Deho, PT Manado Mina, PT Sari Cakalang, PT IKI, PT Dok Kelapa Dua, PT Patemang Raya, PT Nutrindo, PT Mentari, PT MNS dan PT Agro.

Belum lagi sebagian besar perusahaan pengalengan ikan belum mengurus ijin pembuangan limbah ke laut sesuai dengan permen 12 tahun 2006.

“Kami telah membicarakan persoalan ini dengan pihak perusahaan untuk mengurus ijin secara kolektif. Karena biaya pengurusan ijin boleh dikatakan besar biaayanya, untuk itu kami mengusulkan diurus secara kolektif dan pihak perusahaan telah menyanggupinya, ” ujar Kandouwangko kepada wartawan.

Salah satu perusahaan yang dinilai tidak mengantongi ijin pembuangan limbah ke laut, PT MNS mengatakan jika pihak Kementerian Lingkungan Hidup telah menemui semua perusahaan-perusahaan yang ada di Bitung dan menyanggupi pengurusan ijin ini dibuat secara kolektif.

“Memang pengurusan ijin akan kami lakukan secara kolektif dan itu sudah disetujui Kementerian Lingkungan Hidup ketika melakukan kunjungan dan saat ini kami tinggal menunggu verifikiasi, ” tukas Humas PT MSM Nimrod Butarbutar. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading