Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pemkot Bitung Dinilai Tidak Pro Aktif Atasi Rabies

Redaksi Manado Today   |   9 Juni 2011 – 11:27 WITA

Bitung Today – Sejumlah masyarakat menilai Pemkot Bitung belum pro aktif mengantisipasi penyebaran kasus Rabies di Kota Bitung. Pasalnya, dari tahun ke tahun kasus ini terus mengalami peningkatan.

”Pemkot Bitung dalam hal ini Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian yang membawahi bidang tersebut tidak tanggap mengatasi masalah Rabies, yang kian merajalela di Bitung. Paling tidak dengan melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan,” ujar Muzakir Boven personil LSM Lembeh Bersatu.

Lanjut Boven, dari data yang ada di Dinas Pertanian Kota Bitung, ternyata dana untuk mengantisipasi Rabies tidak dianggarkan pada tahun 2011, dan hanya berharap dari bantuan provinsi.

”Pemkot harusnya jeli melihat kondisi masyarakat, karena dari tahun ke tahun kasus ini terus meningkat. Jangan hanya diam,” sindir Boven.

Sementara itu Kadis Pertanian Agribisnis dan Kehutanan kota Bitung, yang membawahi

bidang Peternakan Zulkifly Zulhadji, mengakui jika anggaran untuk menekan angka Rabies tidak tertata dalam APBD 2011 dan pihaknya hanya bergantung dari pemerintah Provinsi yakni bantuan berupa vaksin.

”Kami terus berupaya meminta bantuan vaksin ke provinsi, namun kabarnya pihak provinsi kehabisan stok, dan harus menunggu selama satu atau dua bulan,” aku Zulkifly menambahkan populasi anjing di Bitung dari data yang ada saat ini diperkirakan ada 24 Ribu ekor, sementara yang telah divaksin baru sekitar 10 ribuan.

”Diharapkan masyarakat yang mampu, dapat menyiapkan vaksin dan kami akan menyediakan tenaga ahli, mengingat persediaan vaksin sudah habis, karena saat ini mungkin hanya ini yang bisa dilakukan mengantisipasi penyebaran Rabies,” tuntasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading