Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung

Pemkot Bitung Gelar Peringatan 150 Tahun Jose Rizal

Staff Manado Today   |   15 Juni 2011 – 21:20 WITA
Pemkot Bitung, Jose Rizal, Sister City, Kota Bitung, kerjasama sulut philipina, monument Sam Ratulangi di Davao, Jose Protacio Rizal, Noel Servigoh, wakil walikota Bitung, Lomban

Peringatan HUT Jose P Rizal di Bitung

Bitung Today – Sebagai bentuk toleransi dan kebersamaan antara pemerintah Indonesia dan Philipina menyusul dicetuskannya Sister City antara Kota Bitung dan Davao Philipina pada tahun 1993, yang ditandai dengan didirikannya monument Joza Rizal di Kota Bitung, dan monument Sam Ratulangi di Davao Philipina.

Pemerintah Kota Bitung bersama konsulat jenderal Philipina memgelar acara peringatan hari kelahiran pahlawan nasional Jose Protacio Rizal ke 150, (Rabu, 15/06/2011).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara yakni Indonesia raya dan Lupang Hinirang berlangsung penuh hikmat. Acara kemudian dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga sebagai apresiasi atas perjuangan yang dipelopori oleh Jose Rizal menggapai kemerdekaan.

Konsulat jenderal Philipina Mr. Noel Servigoh dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga atas kepedulian pemerintah dan masyarakat kota Bitung sehingga sejak tahun 1993 didirikan monumen ini terawat dengan baik dan berdiri kokoh.

“Kebersamaan sangat penting untuk dipertahankan, dan ini merupakan sebuah penghormatan dan kebanggaan bagi rakyat Philipina,” ujarnya.

Sementara itu wakil walikota Bitung MJ Lomban, mewakili pemerintah kota Bitung mengatakan bahwa pendirian monumen Jose Rizal di kota Bitung sejak tahun 1993 merupakan juga sebuah kerja sama antar kedua negara dan kedua wilayah oleh sebab itu oleh pemerintah Indonesia mendirikan monumen Sam Ratulangi yang terletak di Davao philipina pendirian kedua monumen tersebut merupak tonggak dimulainya sebuah kerjasama politik, ekonomi, sosial dan sebagainya yang lebih serius antara Davao dan provinsi sulawesi utara (diwakili kota Bitung ),

“Kerjasama dan kebersamaan ini akan terus di tingkatkan dan rencananya pemerintah kota Bitung akan mengutus tim ke philipina untuk menindaklanjuti sebuah kerjasama yang diberi nama Sister City sebagaimana yang telah dirintis gubernur sulawesi utara DR. S.H. Sarundajang,” ujar Lomban . (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading