Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pemkot Bitung Siap Pulangkan 12 KK Transmigran Asal Jabar

Redaksi Manado Today   |   5 November 2010 – 09:30 WITA

Bitung Today – 12 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 56 orang Transmigran asal Kabupaten Banyumas Jawa Tengah dan Garut propinsi Jawa Barat, yang terpaksa meninggalkan lokasi transmigrasi di Maluku Utara dan ditampung Dinas Sosial Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung sejak 23 Oktober 2010, dalam waktu dekat akan dipulangkan ke daerah asalnya.
Kepala Dinas Sosial Kota Bitung Audi Pangemanan AP MSi, ketika dikonfirmasi Manado Today Kamis (4/11/10) mengatakan bahwa Pemkot Bitung telah berupaya memulangkan para transmigran tersebut.
” Saat ini para transmigran memang masih ditampung di aula Dinas sosial kota Bitung,dan jika para transmigran telah siap dan sehat betul secepatnya mereka akan dipulangkan ke daerahnya masing-masing,karena ada beberapa transmigran yang beberapa waktu lalu sempat mengalami sakit,” ujar Pangemanan.
Terkait biaya pemeriksaan kesehatan,dan pelayanan selama para pengungsi (transmigran,red) dikatakan Pangemanan menjadi kewajiban pemkot Bitung dan dibantu oleh pemerintah propinsi Sulawesi Utara.
” Telah menjadi kewajiban pemkot Bitung yang juga dibantu oleh pemprov Sulut untuk membantu para transmigran,mulai dari pemeriksaan kesehatan sampai biaya makan mereka, ” katanya.
”Pemerintah Kota Bitung,telah melakukan koordinasi dengan Kabupaten Garut dan Banyuwangi via telepon terkait kepulangan para trnsmigran dan koordinasi tersebut intens dilakukan,dan untuk kepulangan kami akan menunggu sampai para transmigran benar-benar telah pulih dari kondisi mereka,dan untuk biaya kepulangan mereka akan di tanggung pemkot Bitung,” sambungnya lagi.
Terpisah, Asep salah satu transmigran asal Garut menyampaikan rasa terma kasihnya atas upaya pemerintah Kota Bitung yang telah beritikad baik memulangkan mereka.
” Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Kota Bitung,yang telah melayani kami dengan baik,sampai mengurus kepulangan ke daerah kami,” ucapnya penuh haru.
Diketahui 12 KK transmigran atau sebanya 52 orang pada tanggal (23/10/10) mengungsi ke Bitung dari pulau Bida,Halmahera Maluku Utara,karena daerah transmigrasi yang mereka tempati bermasalah,karena lahan yang mereka tempati bukan milik pemerintah melainkan mili pribadi atau perorangan.Pemerintah Halmahera kemudian menjanjikan lahan baru untuk para transmigaran namun setelah dua bulan terlunta -lunta di pulau tersebut,mereka kemudian mengungsi ke Bitung dengan biaya patungan,karena sampai mereka mengungsi,pemerintah setempat tidak pernah merealisasikan janji mereka. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading