Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Manado

Pemkot Ditantang Selesaikan Masalah IPAL Megamas

Redaksi Manado Today   |   1 Februari 2011 – 21:41 WITA

Manado Today – Kajian dan pertimbangan dampak lingkungan disekitar pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL Pemkot Manado, ditandai dengan  studi banding di Bali dan Banjarmasin. Ironisnya, hingga saat ini tindak lanjut pembangunan IPAL  dilahan 16 persen kawasan Megamas yang dihentikan sementara beberapa waktu lalu, sampai saat ini belum ada kejelasan.

“Ketegasan walikota untuk menata kota Manado lebih baik kedepan sangatlah kita harapkan. Apa yang telah dirintis Penjabat Drs Robby Mamuaja perlu diterapkan Walikota Vicky,”ujar Wakil Ketua DPRD James Karinda SH MH kepada manadotoday.
Sementara itu, Wakil walikota Harley Mangindaan SE MSM, mengatakan persoalan IPAL di Kota Manado, hanya tempatnya. Minimnya sosialisasi sehingga timbul polemik yang seharusnya tidak perlu terjadi.
“Kita sementara mengkaji dengan metode ilmiah, IPAL yang pas untuk kota Manado. IPAL sangat bermanfaat bagi lingkungan,”ujar Bang Ai sapaan akrab wawali.
Menariknya hasil kunjungan kerja ke Bali dan Banjarmasin mendapat pengalaman berharga bagi kelanjutan pembangunan IPAL di kota Manado yang rencananya berjumlah 12 titik.
“IPAL di Banjarmasin sama dengan Manado berada di pemukiman. Jadi tidak masalah IPAL dibangun ditengah kota, karena dengan teknologi air limbah bisa bermanfaat menjadi air bersih,”jelasnya sembari menuturkan sempat cuci muka dari hasil pengolahan limbah di Banjarmasin.
Disiinggung terkait kelanjutan pembangunan IPAL di Megamas, Pemkot Manado akan segera mengambil sikap namun masih menunggu berbagai masukan termasuk DPRD Manado yang kini melakukan studi banding. Setelah hasil kajian masing-masing terkumpul barulah walikota akan mengambil keputusan.
” Keputusannya, nanti Pak Walikota yang berikan statman. Saya boleh berpikir seperti walikota tetapi tidak boleh bertindak seperti walikota,”tandas Mangindaan merenda.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading