Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Pemkot Gorontalo Salurkan Dana Hibah Bagi Toga dan Pemangku Adat

Aldi Mawitjere   |   23 Oktober 2011 – 13:33 WITA

Manadotoday.com, Gorontalo – Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo kepada para tokoh agama (Toga) dan pemangku adat, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 680 juta perbulan yang telah ditata lewat APBD tahun 2011.

Demikian diungkapkan Walikota Gorontalo Adhan Dambea. Bantuan itu merupakan wujud terima kasih pemerintah atas peran serta mereka dalam membina masyarakat.

“Pemerintah mempunyai tugas membina masyarakat, selama ini para tokoh agama dan adat yang terjun langsung melaksanakan tugas itu,” ujar Dambea saat menghadiri silaturrahmi pemerintah kota bersama guru abdi madrasah, guru taman pendidikan Al-Quran (TPA), imam wilayah, imam masjid, pegawai syara, dan pemangku adat se Kota Gorontalo akhir pekan.

Pertemuan rutin triwulan dan penyerahan honorarium selama tiga bulan kepada 505 guru TPA, 137 orang guru abdi madrasah, dan 443 pemangku adat. Adhan menegaskan, dirinya menjadikan kegiatan pembinaan mental spiritual sebagai prioritas pembangunan Kota Gorontalo.

“Kemarin saya dapat penghargaan dari Wakil Presiden Boediono dalam bidang pembinaan keagamaan,” ujarnya.

Meski menerima penghargaan tersebut merupakan penghargaan kepada para tokoh adat dan agama yang selama terjun langsung dalam pembinaan mental spiritual masyarakat Gorontalo, dirinya hanya sebagai pengambil kebijakan saja.

“Tentu ini akan semakin memotivasi kita untuk memperkuat program-program keagamaan di tahun-tahun mendatang,” tegasnya.

Sebagai wujud nyata hal itu, mulai tahun ajaran 2012-2013 mendatang Adhan akan mewajibkan pelajaran Bahasa Arab mulai jenjang SD hingga SMA.

“Diharapkan setelah lulus SMA nanti masyarakat Gorontalo sudah mempunyai dasar-dasar bahasa Arab. Bahkan siapa tahu nanti ada yang kerja di Arab,” harapnya.

Selain itu, melalui Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Gorontalo pemerintah kota merekrut 100 guru Al-Quran yang akan didistribusikan ke masjid-masjid di enam kecamatan yang ada di Kota Gorontalo.

“Saya berharap di akhir kepemimpinan saya nanti separoh warga Gorontalo sudah bisa baca Al-Quran,” ungkapnya.(ann/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading