Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Pemkot Manado Bayar Hutang Ke Menkeu

Redaksi Manado Today   |   9 September 2010 – 09:41 WITA

Manado Today - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melakukan pembayaran hutang kepada Menteri Keuangan (Menkeu) sebesar Rp2,9 miliar dari total Rp9 miliar sejak tahun 2009. Hal ini bermula tahun 1993 silam, saat pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp9 miliar untuk Program Pembangunan Prasarana Kota Terpadu (P3KT), bangun trotoar di Kota Manado, tetapi menjadi hutang dan baru diketahui pada tahun 2008 lalu.

“Hutang tersebut sudah membengkak menjadi Rp45 miliar dan wajib diselesaikan oleh pemerintah kabupaten kota di seluruh Indonesia, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan karena itu kota Manado mematuhinya, “ ujar Sekretaris Kota Manado, Harold Monareh SH MSi kepada manadotoday.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan sekretariat kota Manado Joice Rumengan menjelaskan ketika menerima pemberitahuan tersebut, Pemkot memutuskan melobi Departemen Keuangan agar hutang tersebut bisa dikurangi atau bunganya dipotong.

Hasilnya, Manado diberikan keringanan untuk membayar pokok hutang saja sebesar Rp9 miliar, tetapi dengan sisanya diarahkan untuk dikembalikan dalam bentuk mengerjakan proyek fisik di Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Nasional.

“Semua proyek fisik tersebut harus dimuat di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD,red) selama empat tahun dengan sumber anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU),” kata Rumengan.

Lebih jauh dikatakan Rumengan, jika dana tersebut tak dilakukan, maka DAU kota Manado akan dipotong oleh Departemen Keuangan dan akan berkurang sangat banyak dari jumlah yang ada sekarang ini.

“Hutang Pemerintah sudah mulai dicicil kepada Menkeu sejak tahun 2009 lalu sebesar Rp1 miliar dan tahun 2010 ini sudah dibayar sebesar Rp1,9 miliar akan diusahakan selesai dalam empat tahun,” jelasnya.(aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading