Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Pemkot Manado Belajar Pelayanan Satu Atap ke Pulau Jawa

Aldi Mawitjere   |   29 Juni 2012 – 00:17 WITA
Rum Usulu

Pembenahan fasilitas terus dilakukan BP2T Manado

MANADO, (manadotoday.com) – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terkait pelayanan perijinan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado bersama beberapa kabupeten di Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Provinsi Sulut, dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang, melaksanakan Exposure visit Pokja perijinan terpadu di tiga daerah di pulau Jawa yakni Kota Surakarta, Kota Jogjakarta dan Kabupaten Sragen.Kunjungan yang difasilitasi CIDA dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut, ternyata banyak pelajaran berharga yang diperoleh Pemkot Manado, dalam melakukan penataan dan perbaikan sistem pelayanan satu atap. Sehingga, kedepan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat, karena fasilitas pelayanan di kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Manado yang tidak memadai.

“Kita perlu banyak belajar dari ketiga kota yang dikunjungi Pemkot Manado yakni Solo, Jogja dan Sragen. Disana, fasilitas untuk pelayanan satu pintu sangat baik dan profesional. Ruangannya luas, serta menggunakan sistem on line dan komputerisasi,”pungkas Kepala BP2T Manado, Drs Rum Usulu.

Menurutnya, study banding yang dilaksanakan ini memiliki manfaat yang besar dalam pengembangan pelayanan satu pintu yang sedang dilakukan Pemkot Manado. Dirinya berharap, secara bertahap dapat dilakukan perubahan dan pembenahan dalam sistem pelayanan yang ada sekarang. Termasuk memasukan usulan anggaran untuk rencana kegiatan tersebut.

“Yang paling penting adalah fasilitas di BP2T. Karena pelayanan satu atap bersentuhan langsung dengan masyarakat. Olehnya, perlu ada ruangan yang lebih besar dan memadai,”ujar Usulu.

Tim Pemkot Manado yang melakukan study banding diantaranya, Kepala BP2T, Kepala Inspektorat, Sekretaris DPRD Manado, serta unsur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado dan organisasi masyarakat sipil.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading