Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemkot Manado dan Kodim 1309 Bakal Wujudkan Ketahanan Pangan Daerah

Aldi Mawitjere   |   12 Maret 2012 – 22:33 WITA
Dandim 1309 Manado

Dandim 1309 Manado, Letkol Inf Yudianto Putra

Manado, (manadotoday.com) – Untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah ini ternyata bukan hanya tugas Pemkot Manado. Buktinya, Kodim 1309 juga merasa terpanggil untuk meningkatkan produksi dengan mengoptimalkan lahan tidur.
Tak pelak, keseriusan Kodim tersebut dibuktikan dengan pendatangan kesepakatan bersama dengan Pemkot Manado atau Momerandum of Understanding (MoU), Senin (12/03/2012) oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1309 Manado, Letkol Inf Yudianto Putra di kantor Kodim 1309, Winangun.
Putra sapaan akrab Dandim Manado, berharap dengan ditandaganinya MoU ini, semua akan peduli dan bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pengadministrasian program ketahanan pengan Kota Manado.
“Kesepakatan ini tujuannya besar. Seperti halnya mengantisipasi bencana kelaparan dan kemiskinan. Intinya lagi untuk mensukseskan peningkatan produksi pangan serta percepatan peanekaragaman komsumsi pangan,”tandasnya.
Lanjut dikatakannya, potensi kota Manado untuk padi sanga kecil sehingga pihaknya lebih condong ke produksi jagung, pisang dan pangan lainnya.
Lantas apa tanggapan Kadis Pertanian Manado, Ir Ricky Poli MA terkait MoU tersebut.
“Pemkot Manado tentunya sangat mendukung program TNI menanam ini. Karena persoalan kemiskinan tak lepas dari ketahanan pangan dan gizi. Keduanya saling berkaitan,”tandasnya.
Lebih jauh diaktakannya, bahwa ketahanan pangan pada dasarnya merupakan kemampuan untuk menjamin seluruh penduduk memperoleh pangan dalam jumlah yang cukup, mutu yang layak dan aman dikonsumsi, serta didasarkan pada optimalisasi pemanfaatan dan berbasis pada keragaman sumber daya domestik.
“Salah satu indikator untuk mengukur ketahanan pangan ini adalah ketergantungan ketersediaan pangan terhadap impor. Ketergantungan berbagai komoditas pangan menunjukkan bahwa persoalan yang menghadang di depan kita adalah bagaimana meningkatkan kapasitas produksi pangan secara berkelanjutan,”jelas Poli.
Hadir dalama MoU tersebut Kadis Perikanan dan Kelautan Manado, Camat Malalayang dan lurang, Persit Kodim Manado dan jajaran TNI.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading