Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemkot Manado Jadi Contoh Penjabaran PIAK

Aldi Mawitjere   |   10 April 2012 – 10:29 WITA

MANADO, (manadotoday.com) — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penilaian atas kemajuan suatu instansi publik dalam mengembangkan upaya pemberantasan korupsi di intansinya, salah satu alat ukurnya adalah Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK).Pemkot Manado pun tahun 2012 ini, menjadi percontohan dalam penjabaran PIAK, tak heran sistem dan mekanisme yang efektif untuk mencegah dan mengurangi korupsi di lingkungannnya terus dilakukan.

“Ini merupakan genderang perang melawan korupsi di lingkungan Pemkot Manado. Ini jelas berawal dari perubahan yang ditunjukkan Walikota dan Wakil Walikota untuk menghilangkan aksi-aksi korupsi, dan tentunya hal ini diperlukan keberanian,”terang Kepala BKD Manado, Drs Hans Tinangon Msc.

Dikatakannya, dalam menilai PIAK ada beberapa indikator kuantitatif seperti, kode etik, peningkatan transparansi dalam manajemen SDM, peningkatan transparansi dalam pengadaan, peningkatan transparansi penyelenggaraan Negara, peningkatan akses publik dalam memperoleh informasi, pelaksanaan rekomendasi KPK, dan kegiatan promosi anti korupsi meliputi publik internal dan eksternal.

“Kita pada waktu lalu dalam penilaian PIAK memang masih dibawah dan jujur baru mencapai poin 3,37. Dan untuk tahun 2012 ini kami targetkan poin PIAK Pemkot Manado bisa mencapai 7, dengan mengukuti semua indikator PIAK. Untuk itu kami melakukan ke semua kegiatan harus didukung dengan surat keputusan begitu juga jika ada pengenaan biaya harus jelas. Pengembangan kantin kejujuran pun salh satu yang kami lakukan untuk mendongkrak nilai penilaian PIAK,”jelas Tinangon.

Lanjutnya, sebenarnya oleh KPK yang menjadi percontohan PIAK hanya tiga instansi yakni, sekretariat daerah, BKD dan dinas catatan sipil dan kependudukan. “Namun Walikota meminta agar semua SKPD harus siap mengikuti program PIAK yang setiap 6 bulan sekali harus melaporkan ke KPK terkait dengan semua kegiatan di dalam lingkup Pemkot Manado. Pada tanggal 23 April nanti KPK akan datang periksa fisik yang dilaporkan yang nantinya akan menjadi bahan penilaian,”kunci Tinangon. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading