Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Pemkot Manado Jajaki Lahan TPU di Malalayang

Aldi Mawitjere   |   4 Mei 2012 – 06:16 WITA
Walikota Manado

Walikota GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadotoday.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, kini sedang menjajaki pembebasan lahan untuk dijadikan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang berlokasi di Kecamatan Malalayang. Tak pelak, rencana pemerintah tersebut sejalan dengan kebutuhan masyarakat, mengingat dewasa ini lahan TPU di Manado sudah semakin sempit sehingga perlu diadakan lahan baru.“Kita sedang melakukan penjajakan untuk pembebasan tanah di Kecamatan Malalayang. Lahan yang akan dibebaskan ini untuk memenuhi kebutuhan warga akan rumah masa depan (pemakaman,red). Itu yang sementara kita lakukan sekarang. Dan saya bersama Camat sudah meninjau lokasi yang cocok untuk dijadikan TPU,”terang Walikota GS Vicky Lumentut.

Lanjut dikatakan Lumentut, jika telah mendapat persetujuan, Pemkot akan segera melakukan pembayaran ganti rugi dan pembebasan lahan.

Sementara, pemerhati Kota Manado, Widdy Frans Rorimpandey SPt MPd, mendukung upaya Pemkot Manado, untuk menyediakan lahan TPU baru. Apalagi, TPU milik Pemkot yang terletak di Kelurahan Teling Atas, sudah tidak layak lagi karena semakin padat.

“Apa yang dilakukan Pemkot Manado untuk mencarikan lahan pemakaman baru sekarang ini, sudah tepat. Karena, lahan yang ada sekarang di Teling sudah padat. Banyak keluarga yang kehilangan sanak saudaranya yang dimakamkan di Teling, karena telah disusun dengan yang lain,”tandasnya.

Akademisi yang juga tokoh pemuda itu mengusulkan agar TPU dibangun tidak hanya di satu lokasi saja tetapi dibeberapa titik di seluruh wilayah Kota Manado.

Seperti diketahui, Pemkot Manado sebenarnya telah memiliki lahan TPU di Kairagi, tepatnya dibelakang kawasan Pusat Pameran Kaiwatu. Tetapi, karena berbagai pertimbangan akhirnya lahan tersebut tidak dijadikan TPU.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading