Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemkot Manado Laksanakan E-Government Melalui SISKOM I-PaD

Staff Manado Today   |   3 Agustus 2011 – 20:39 WITA

Menuju SIMDA Terpadu 2012

Manado Today -Tekad Pemerintah Kota Manado di bawah kepempimpinan duet GSVL-AI untuk meningkatkan kinerja aparatur dan melaksanakan prinsip keterbukaan dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui pemanfaatan teknologi informasi mulai disalah tafsirkan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Manado, Ferry Petrus Sutanto SSos MM, penyediaan fasilitas iPad kepada Pejabat Daerah bukan merupakan sasaran utama dan satu-satunya.

“Dinas Kominfo dan Bagian Administrasi Pembangunan telah ditugaskan Walikota dan Wakil Walikota untuk menyusun sebuah sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi. Nah, kami sudah menyiapkan sebuah sistem yang diberi nama SISKOM I-PaD, singkatan dari Sistem Komunikasi berbasis IT bagi Pejabat Daerah,” ujar lelaki low profile yang setiap harinya membrowsing dan mendownload internet ini.

Senada dikatakan Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi, pengelola media center dan pelayanan pers, Frangky Mokodompis SIP MSi menjelaskan bahwa SISKOM I-PaD merupakan pelaksanaan UU No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional E-Government.

Dalam pelaksanaannya Pemerintah Kota Manado melakukan pendekatan terintegrasi melalui Tim Pengelola SISKOM I-PaD, mengembangkan Sistem dan Jaringan, dan meningkatkan kompetensi SDM terhadap seluruh SKPD yang menggunakan teknologi informasi. Misalnya Dinas Kesehatan yang mengembangkan layanan E-Puskesmas dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang mengembangkan G-Cloud.

“Jadi pengadaan I-PaD kepada pejabat daerah bukan untuk menonjolkan prestise penyelenggara pemerintahan, tapi I-PaD yang dimaksud sebenarnya merupakan pelaksanaan E-Government melalui sistem yang diberi nama SISKOM I-PaD. Kalaupun kami memilih perangkat tablet berjenis iPad, pertimbangannya adalah faktor efisiensi dan sekuritasnya.

Dengan pelaksanaan E-Government melalui SISKOM I-PaD, pada tahun 2012 nanti Pemerintah Kota Manado akan memiliki SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH atau SIMDA secara terpadu, dan terbuka untuk diakses publik,” ujar pria low profil yang telah malang melintang di berbagai organisasi kemasyarakatan ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading