Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemkot Manado Mantapkan Program Bedah Rumah Untuk Pengetasan Kemiskinan

Aldi Mawitjere   |   1 April 2012 – 17:48 WITA

Sendoh : Program Bedah Rumah Akan Melibatkan Pihak BUMN Sebagai Sponsor
MANADO, (manadotoday.com) – Pemerintah Kota Manado, ternyata tidak main-main dalam menetapkan program pengentasan kemiskinan. Buktinya, program bedah rumah bukan hanya melalui PNPM Perkotaan, akan tetapi usaha pihak sponsor dalam hal ini.
“Selain bedah rumah yang dialokasikan melalui PNPM, kita juga mendata rumah yang tidak layak dengan mengerakan pihak BUMN dan lainnya menjadi ‘sponsor’,”kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Manado, Ir Haefrey Sendoh Msi kepada manadotoday melalui via SMS, Minggu (1/4/2012).
Untuk bedah rumah melalui PNPM perkotaan itu, kata Sendoh sebagai penanggung jawab pelaksanaan tugas yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU) dengan melakukan koordinasi bersama para Camat kebawah.
“Program bedah rumah sudah lama berada di benak Pak Walikota dan telah mengisntruksikan para Camat serta Lurah hingga kepala Lingkungan untuk mendatanya. Nah, gayung bersambut turun pemberitahuan dari Gubernur untuk pendataan rumah kumuh atau tidak layak huni,”jelasnya.
Lanjut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi itu, ada beberapa indikator untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan diantaranya kondisi rumah itu, yakni atap, dinding, lantai, serta air minumnya dan listrik.
“Nah, kalau itu telah kita benahi cepat sekali kita mengejar dan mengurangi tingkat kemiskinan diluar upaya lainnya. Meski itu bukan indikator utama,”ujarnya.
Maka itu, kebetulan sebelum turunnya pemberitahuan Gubernur, pihak Pemkot Manado telah melakukan pendataan rumah kumuh di Kota Manado.
“Data itu yang saya minta kepada pihak Kecamatan sampai di lingkungan untuk disajikan kepada Walikota,”tandasnya.
Hanya saja, kata Sedoh, untuk besaran anggaran dalam bedah rumah berfariatif berdasarkan kondisi rumah.
“Karena ini tidak ditata dalam APBD, besaran anggaran yang kita ajuhkan kepada pihak ‘sponsor’ berapa kemampuan mereka. Dan kita telah memulainya di Bunaken yang disponsori oleh BNI Sabtu kemarin,”pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading