Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemkot Manado Optimalkan Lahan Tidur

Aldi Mawitjere   |   7 Mei 2012 – 18:25 WITA

Rangkaian PNS Menanam, Polisi Ba Kobong dan Gerakan Sentu Tanah

walikota manado

Vicky Lumentut bersama Ketua DPRD Sulut, saat menanam beni jagung

MANADO, (manadotoday.com) – Pemerintah Kota terus mengoptimalkan lahan tidur di wilayah Manado. Buktinya, Senin (7/5/2012) Pemkot Manado melalui Dinas  Pertanian bekerjasama dengan Polda Sulut melakukan kegiatan gerakan sentu tanah, polisi ba kobong dan PNS menanam yang berlokasi di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Tikala.Menurut Walikota Manado GS Vicky Lumentut, meski Kota Manado adalah kota jasa atau pusat pedaganggan, namun memiliki luas lahan pertanian sekitar 9.934 HA.

“Dengan luas lahan pertanian Kota Manado sekitar 9.934 HA dari luas wilayah keseluruhan 15.726 HA, sangat terbuka peluang untuk mengoptimalkan lahan yang ada. Walaupun disatu sisi Manado bukan penghasil komoditi pertanian,”ujar Lumentut.

Tak pelak, guna meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian seta peningkatan kesejakteraan masyarakat. Maka itu, perlu ada upaya melalui teknologi pertanian serta pemanfaatan lahan yang ada.

“Meski kita bukan penghasil komoditi pertanian, namun bisa memanfaatkan lahan dengan pengunaan teknologi. Terbukti tahun 2011 lalu, tanaman pangan mengalami peningkatan. Dimana produktifitas padi ladang mencapai 3,1 ton/HA,”terang GSVL sapaan akrab Lumentut.

Melihat potensi dan peluang yang ada, maka Pemkot Manado telah memprogramkan gerakan PNS menanam, dimana setiap SKPD hingga kelurahan turut serta dalam gerakan menanam.

“Program ini diarahkan guna merangsang masyarakat petani maupun masyarakat yang mempunyai lahan-lahan tidur untuk memanfaatkan lahan yang ada. Dan diharapkan PNS menjadi pioneer dalam kegiatan ini dengan memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan-lahan tidur yang masih banyak di Kota Manado,”pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil, Kapolda Sulut, Brigjen (Pol) Drs. Dicky D. Atotoy, Danlanudsri Manado, Letkol Pnb Jorry Koloay, Danlantamal VIII Manado, Laksma Guguk Handayani serta Walikota Manado, GS Vicky Lumentut serta seluruh pimpinan SKPD di Kota Manado.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading