Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Pemkot Manado Segera Miliki BPK-BMD

Aldi Mawitjere   |   24 September 2012 – 23:13 WITA
penjelasan Ranperda perubahan

Walikota Paparkan Ranperda Badan Pengelolaan dan Barang Milik Daerah.(ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Senin (24/09/2012) Walikota Manado Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley AB Mangindaan SE MSM, mengikuti rapat paripurna DPRD Kota Manado. Paripurna tersebut dalam rangka penjelasan Walikota terhadap perubahan atas Perda nomor 3 tahun 2008 dan renperda  perubahan atas perda nomor 5 tahun 2008.

Hal ini terkait pembentukan Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD).Lumentut mengatakan bahwa Bagian Keuangan dan Bagian Aset Sekretariat Daerah Kota Manado memiliki cakupan tugas yang cukup besar, namun memiliki kewenangan yang terbatas. Olehnya kedua berada di bawah Sekretariat Daerah dengan tingkat eselonering IIIA.

Lebih lanjut disampaikan oleh Vicky bahwa tugas Kabag Keuangan sebagai kepala Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD), Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) dan sebagai Bendahara Umum Daerah (BUD) menghadapi kendala yang sifatnya struktural organisasi, karena mengambil keputusan untuk Dinas dan Badan yang eseloneringnya lebih tinggi, yaitu IIB. Karena itu, dipandang perlu untuk meningkatkan status Bagian Keuangan yang di dalamnya disertai dengan penggabungan Bagian Aset, sehingga menjadi BPK-BMD kota Manado.

“Peleburan Bagian Aset ke dalam Bagian Keuangan menjadi BPK-BMD karena adanya kedekatan urusan antara pengelolaan keuangan dan barang milik daerah. Tujuan yang ingin dicapai dari pembentukan BPK-BMD adalah untuk memudahkan pemerintah daerah dalam penyusunan laporan keuangan,”ujar Lumentut.

Untuk itu, mewujudkan laporan keuangan pemerintah daerah yang komprehensif, memudahkan pengendalian pengelolaan keuangan dan barang milik daerah, mewujudkan birokrasi yang lebih efisien, pencatatan aset/barang milik daerah lebih tertib dan pemanfaatan aset/barang milik daerah yang lebih optimal.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading