Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemkot Manado Siapkan Langkah Antisipasi Perlindungan Anak

Staff Manado Today   |   11 Agustus 2011 – 23:13 WITA

Manado Today – Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak RI, bekerjasana dengan Badan Pemberdayaan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Manado melaksanakan kegiatan menyusun konsep pelindungan terhadap anak. Tak pelak, sebagai wujud tanggung jawab Pemkot Manado, penanggulangan bencana untuk perlindungan anak.

Makanya, telah ditetapkan langkah-langkah kebijakan melalui program yang bersentuhan dengan anak yaitu berkembangnya kelompok bina keluarga di lokasi kawasan mega mall, serta terbentuknya kelompok PIK-R di sejumlah SMA di Kota Manado. Penanggulangan bencana banjir melalui proyek relokasi masyarakat daerah Aliran Sungai DAS Tondano.

Perpindahan warga perkampungan texas yang berada di pinggiran pantai yang rawan bencana dan dipindahkan di kawasan yang layak huni di Mayondi. Adanya pelaksanaan latihan penanggulangan bencana ARF DIREX. Penetapan Perda No 3 Tahun 2006 tentang Pelayanan Pembuatan akte Kelahiran gratis/tanpa di pungut biaya. Berhasil mendorong masyarakat Kota Manado untuk mengurus akte kelahiran sehingga anak di Kota Manado memiliki akte.

Selanjutnya, manado menuju kota layak anak dan telah ditetapkan 9 Kelurahan yang ada di 9 kecamatan sebagai percontohan kelurahan layak anak. “ Kota Manado merupakan Pilot Project pengembangan Kota Layak Anak,”ujar Sekretaris Kota Manado Harold PB Monareh SH MSI.

Monareh menambahkan, kegiatan ini merupakan langkah yang tepat untuk memaksimalkan penerapan perlindungan khusus anak korban bencana di Kota Manado. “Melalui kegiatan ini kita dapat menyatukan visi dan persepsi sekaligus semakin memantapkan komitmen untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak. Sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan pembangunan daerah dan bangsa,”kuncinya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading