Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pemkot Tomohon Didesak Operasikan TPST Tara-tara

Ardi Kalumata   |   13 Oktober 2011 – 19:07 WITA

Tomohon Today – Pemerintah Kota Tomohon didesak untuk segera mengoperasikan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di lokasi perkebunan Ulow, Tara-tara. Pasalnya, produksi sampah di Kota Bunga makin hari makin meningkat, sehingga lokasi pembuangan sampah yang ada di Pangolombian saat ini sudah tidak representative. Desakan tersebut muncul dari pemerhati masalah lingkungan di Kota Tomohon.

Koordinator Enviromental Parliament Watch (EPW) Kota Tomohon Judie J Turambi SH mengungkapkan, tahun 2011 ini produksi sampah di Kota Tomohon meningkat tajam dengan mencapai 108 meter kubik perhari.

‘’Dari 180 meter kubik sampah tersebut, delapan puluh persen berasal dari sampah rumah tangga dan mudah terurai,’’ ungkap Turambi seraya menambahkan itu berdasarkan hasil survey yang dilakukan hingga awal September tahun 2011.

Sampah tersebut lanjutnya, berasal dari 27 titik yang diangkut oleh 6 armada sampah yang diangkut setiap hari kecuali hari Minggu.

‘’Lokasi pembuangan sampah di Pangolombian saat ini sudah tidak representative. Selain mengganggu kesehatan, juga merusak lingkungan seperti tanah dan air serta udara. Jadi, pemerintah Kota Tomohon jangan tutup mata dengan kondisi tersebut,’’ tukasnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading