Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pemkot Tomohon Gelar Bimtek LPPD

Ardi Kalumata   |   16 Maret 2012 – 19:27 WITA

Tomohon, (manadotoday.com)— Guna memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang teknis pengisian suplemen Indikator Kinerja Kunci (IKK) Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) sehingga dapat tercapainya penyusunan sesuai ketentuan yang ditetapkan, bertempat di Aula Lantai III kantor Walikota Tomohon dilaksanakan Bimbingan Teknis LPPD.
Kegiatan yang dilaksanakan Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kota Tomohon tersebut diikuti para pejabat eselon II dan III serta para kasubag/kepala seksi dan tata usaha beserta staf menyelenggarakan bimtek LPPD. Bimtek diawali dengan laporan panitia, disampaikan James A H Rotikan SE, Kabag Pemerintahan.
Menurutnya, sebagaimana yang diamanatkan dalam pasal 27 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, kdaerah mempunyai kewajiban memberikan LPPD kepada pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) kepada DPRD dan informasi LPPD kepada masyarakat.
‘’Ini dimaksudkan untuk digunakan pemerintah sebagai dasar melakukan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) dan sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan peraturan perundang-undangan,’’ kata Rotikan.
Evaluasi ini bertujuan untuk menilai tingkat kemampuan daerah dengan menggunakan system pengukuran kinerja serta indikator-indikatornya. Indikator kinerja digunakan untuk membandingkan antar suatu daerah dengan daerah lain yaitu angka rata-rata secara nasional untuk masing-masing tingkatan pemerintahan atau dengan hasil tahun-tahun sebelumnya untuk masing-masing daerah. Hasil evaluasi antara lain digunakan untuk mempertimbangkan kemungkinan penghapusan dan penggabungan daerah sesuai pasal 6 undang-undang nomor 32 tahun 2004.
Walikota Tomohon dalam sambutannya yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Gerson Mamuaja mengatakan, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah perlu ditingkatkan dengan lebih memperhatikan aspek-aspek hubungan antar susunan antar pemerintahan dan antar pemerintahan daerah, potensi dan keanekaragaman daerah, peluang dan tantangan persaingan global dengan memberikan yang seluas-luasnya kepada daerah disertai dengan pemberian hak dan kewajiban menyelenggarakan otonomi daerah dalam kesatuan system penyelengaraan pemerintahan negara.
‘’Penyusunan LPPD ini sangat penting dan bukan sekadar laporan semata.
Jadi, saya minta kepada peserta dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga apa yang menjadi tujuan untuk mewujudkan good governance dan clean government dapat tercapai sesuai dengan harapan,’’ kata Mamuaja membacakan sambutan walikota.
Pembawa materi dari Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov sulut yang diwakili Claudio DVTamara SSTP Msi selaku Kasubag Otda. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading