Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Pemkot Tomohon Siapkan 23 Titik Pengungsian Letusan Lokon

Ardi Kalumata   |   26 April 2012 – 16:31 WITA

TOMOHON, (manadotoday.com)—Pemerintah Kota Tomohon bersama instansi terkait terus menyeriusi perkembangan aktivitas Gunung Lokon di Sulawesi Utara pasca letusan yang terjadi Selasa (24/4) lalu.

Pemkot Tomohon Siapkan 23 Titik Pengungsian Letusan Lokon

Rapat penanggulangan bencana letusan Gunung Lokon

Untuk itu, telah disiapkan sebanyak 23 titik pengungsian bagi warga sekitar Gunung Lokon jika terjadi letusan hebat yang mengharuskan warga dievakuasi. Ini terungkap dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Kota Tomohon di kompleks Eks Rindam Tomohon Utara Kamis (26/4).

‘’Ya, kami telah menyiapkan sedikitnya 23 titik pegungsian. Ini untuk menjaga segala kemungkinan yang bisa terjadi akibat aktivitas Gunung Lokon,’’ ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Ir Royke Ambrosius Roeroe.

Rapat koordinasi itu sendiri dihadiri Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat J Tambunan, perwakilan PBB-OCHA Nova Ratnanto, perwakilan Kementrian Sosial Iyah K, perwakilan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara Frans Sembel, Kapolres Tomohon AKBP Marlin Tawas SH MH serta wakil dari Dandim serta Kepala Pisat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina. Serta para pejabat esleon II di lingkup Pemkot Tomohon.

Asisten III Ir Ervins Liuw MSi yang mewakili Walikota Tomohon mengatakan, status Siaga Darurat Gunung Lokon berlaku dari tanggal 24 April hingga 23 Mei 2012.

Dalam rapat tersebut dibahas tetang upaya yang akan dilakukan apabila situasi memburuk, karena hingga saat ini aktivitas Gunung Lokon terkini pasca letusan beberapa hari yang lalu masih terjadi beberapa gempa vulkanic yang terekam dari alat sensor Gunung Lokon yang bertempat di Bagian Pengawasan Gunung Lokon.

Dari Kementrian Sosial menyatakan sudah mempersiapkan bantuan tenaga sesuai dengan kapasitas pengungsi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

‘’Kami akan terus berkoordinasi dengan Posko Sosial di Kota Tomohon, serta menyiapkan logistik-logistik yang nantinya diperlukan pengungsi,’’ kata Iyah K.

Sementara Kapolres Tomohon AKBP Maelien J Tawas SH MH mengatakan bahwa koordinasi dari semua instansi terkait adalah hal yang terpenting, seperti mempersiapkan apa-apa yang menjadi tugas tiap instansi terkait serta mempersiapkan sarana dan prasarana.

‘’Kami sudah siap menempatkan anggota bila keadaan memburuk atau sesuatu terjadi, mendata penduduk yang akan didahulukan diungsikan seperti orang sakit, cacat, lanjut usia serta anak anak dan lainnya,’’ tandas Tawas. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading