Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov dan DPRD Kalsel ‘Belajar’ Pengelolaan Keuangan dan Aset di Sulut

Manado Today   |   14 Juni 2011 – 18:06 WITA

Manado Today – Keberhasilan Pemprov Sulut meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolahan keuangan dan aset daerah, menjadi daya tarik tersendiri untuk sejumlah daerah lain di Indonesia, untuk belajar di Pemprov Sulut. Buktinya, Selasa (14/6/2011), Pemprov dan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), mengunjungi Pemprov Sulut.

Rombongan yang dipimpin Asisten III Pemprov Kalsel Drs H Muhammad Ruslie M.Si, dan Saffarudin SH MH sebagai ketua rombongan Komisi I DPRD Kalsel, diterima langsung oleh Asisten Bidang Adminstrasi Umum Sekdaprov Sulut Gemmy Kawatu SE M.Si.

Menurut Saffarudin, kunjungan ini dalam rangka mempelajari mekanisme pengelolaan keuangan dan aset, serta urusan umum yang dilakukan oleh pemerintah Pemprov Sulut, sehingga meraih opini WTP dari BPK.

“Kami memilih Sulut sebagai sasaran kunjungan, karena keberhasilan memperoleh opini WTP yang didalamnya antara lain menyangkut pengelolaan aset dan keuangan,” katanya.

Selain itu disampaikan Saffarudin, Pemprov Kalsel juga sedang mempersiapkan pembentukan badan baru yang akan bertanggungjawab untuk pengelolaan keuangan dan aset. Untuk itulah diperlukan kajian dari hasil perbandingan penyelenggaraan hal-hal tersebut di daerah lain.

Sementara itu, Kawatu saat membacakan sambutan Gubernur Dr. S.H. Sarundajang, menyampaikan apresiasi setingi-tingginya, atas dipilihnya Sulut menjadi sasaran kunjungan.

“Pemprov bersama DPRD Sulut juga, saat ini sedang membahas Ranperda yang akan merevitalisasi tupoksi Biro Keuangan dan Aset dengan meningkatkan statusnya menjadi Badan Pengelola Keuangan dengan Kepala Badan Pejabat Eselon II-A,” kata Kawatu.

Sedangkan, untuk bagian Aset juga akan dibentuk Biro Perlengkapan dan aset dengan kepala pejabat setingkat Eselon II-B.

Lanjutnya mengatakan,  semua kiat yang dilakukan yang paling penting adalah komitmen untuk melaksanakan segala urusan pemerintahan termasuk pengelolaan aset dan keuangan yang sejak awal sudah dibangun dan dicanangkan oleh Gubernur Sulut, untuk Membangun Tanpa Korupsi.

“Komitmen ini benar-benar dilakukan dan diimplementasikan dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan termasuk pengelolaan aset dan keuangan. Termasuk juga, hubungan kerja dengan Legislatif, senantiasa dijaga dengan baik sehingga setiap permasalahan dapat diselesaikan bersama sesuai dengan mekanisme dan ketentuan,” ungkap Kawatu.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan pengawasan, Wakil Gubernur diserahi tanggungjawab penuh untuk melakukan hal tersebut. Dimana, setiap hari Jumat, Wagub bersama Inspektorat melaksanakan “Jumpa Bete” (Jumat Pagi Bersih Temuan). (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading