Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pemprov Jangan Jebak Pemkot Manado

Aldi Mawitjere   |   12 Oktober 2011 – 21:05 WITA
walikota manado

Vicky Lumentut

Manado Today – Rencana pembangunan gelanggang olahraga di lahan Balai Penelitian Kelapa (BALITKA) Kecamatan Mapanget oleh Pemprov Sulut, yang konon kabar anggarannya telah diusulkan di APBN 2012, terkesan menjebak Pemkot Manado.

Pasalnya, di lahan tersebut telah dibangun lintasan pacuan kuda sejak Jimmy Rimba Rogi menjabat Walikota Manado.

Praktis sumber anggaran pembangunan pacuan kuda yang rencananya bertaraf internasional itu jelas dari APBD Manado.

Kelanjutannya pun kini tengah dijajaki Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH Msi DEA sebagai kelanjutan pembangunan awal.

Namun, jika keinginan Pemprov Sulut dipenuhi terkait pengusulan pembangunan gelanggang olahraga di APBN 2012, otomatis akan menjadi masalah bagi Pemkot dalam hal aset dan aturan. Ini juga akan menghancurkan target Pemkot Manado mengejar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK tahun 2011 dan seterusnya.

“Sekarang pembiayaan sudah tercatat sebagai Aset Pemkot Manado. Jika tiba-tiba dibongkar, maka selain melanggar aturan, hal itu tentunya akan mempengaruhi upaya Pemkot Manado mengejar WTP.” terang GSVL sapaan akrab Lumentut.

Kendati begitu dengan bijaksana GSVL menjelaskan, pihak Pemkot Manado tentunya tidak mempersalahkan jika dari awal Pemprov Sulut tidak setuju rencana pembangunan pacuan kuda.

“Tapi sejauh ini anggaran untuk pembangunan pacuan kuda itu bersumber dari APBD. Jika memang Pemprov tidak setuju ada pacuan kuda di Manado, sejatinya sejak dari awal diberi tahukan ke Pemkot, agar Pemkot tidak terjebak mengeluarkan dana dari APBD.” terang Walikota pilihan warga kota Manado ini.

Sementara itu, menurut Plt Sekkot Manado, Drs Arnold Kewas, dilahan tersebut ada lahan milik Pemkot dan ada lahan milik Balitka yang tentunya menjadi aset Kementrian. “Soal aset Pemkot, kita masih menunggu dokumen resmi terkait penyerahan aset dari provinsi,”tutupnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading