Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tak Berkategori

Pemprov Kerjasama Dengan Bank Sulut Sosialisasikan KUR

Redaksi Manado Today   |   4 November 2010 – 03:12 WITA

Manado Today – Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah di sektor informal, Pemerintah Provinsi Sulut, melakukan kerjasama dengan pihak Bank Sulut, untuk sosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro ke masyarakat.Menurut Plt Sekprov Sulut Ir SR Mokodongan MSi mengatakan, KUR Mikro kecil dan menengah yang akan diperkenalkan ke masyarakat ini, akan melalui para tokoh agama, akan juga menjadi contoh bagi bank-bank lain, sebab baru Sulut sendiri yang melakukan penyaluran kredit semacam ini.
“Kan biasanya dilakuka melalui rekom lurah atau konsultan, namun kali ini pimpinan agama yang kita berdayakan,” kata Mokodongan.
Dengan demikian, lanjut mantan Kadis Kehutanan Sulut ini, diharapkan agar kepercayaan yang diberikan kepada pimpinan agama hendaknya dapat dijabarkan dengan sebaik-baiknya, agar apa yang menjadi harapan pemerintah untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran di daerah ini bisa terwujud.
Sementar itu, Direktur Pemasaran Bank Sulut Ridwan Nggilu mengatakan, anggaran yang disiapkan hingga memasuki bulan Desember 2010 mencapai Rp. 30 miliar.
“Pengucurandana ini akan kami mulai November ini. Jadi permintaan kredit dari debitur nantinya ada tim khusus yang akan melakukan survey lapangan, sebab tim inilah yang akan menentukan layak tidaknya menerima kucuran dana KUR ini,” kata Ngillu seraya menambahkan, pencairannya akan melalui Bank Sulut terdekat.
Lanjutnya mengatakan, untuk syarat bagi penerima kredit diantaranya, foto copy KTP yang dilegalisir, foto copy kartu keluarga yang dilegalisir, memiliki izin usaha (minimal surat keterangan dari lurah/kepala desa), memiliki usaha yang jelas (minimal sudah berjalan III bulan), dan diutamakan yang belum mendapatkan pinajam.
“Pengajuannya nanti dilakukan permohonan pinjaman kepada Bank Sulut, dan mendapatkan rekom dari pimpinan agama setempat, contohnya GMIM Ketua Jemaat, Katolik Pastor Paroki, Muslim kepada Imam Mesjid, Pantekosta kepada Gembala dan seterusnya bagi golongan umat lainnya,” ungkapnya.
Sementara Revy Pepah dari divisi kredit, menjelaskan untuk Bunga dan pembayarannya, bagi pengusaha mikro dikenakan bunga 12 % pertahun, dan bunga kredit dibayarkan bersama dengan angsuran pokok ke pihak Bank Sulut setiap bulan berjalan. Sedangkan jangka waktu kredit untuk kredit modal kerja, ditetapkan maksimal 36 bulan dan kredit investasi maksimal 60 bulan.
“Untuk plafon kredit bagi perorangan maksimal Rp. 10 Juta, kelompok Rp. 20 juta, dengan jaminan kredit adalah usaha yang dibiayai dan jaminan tambahan tidak disyaratkan,” ungkap Pepah. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading