Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Pemprov Serahkan Pansus Soal Penentuan Lokasi Pembangunan Gedung DPRD

Staff Manado Today   |   6 Juni 2011 – 21:27 WITA

Manado Today – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) sepenuhnya menyerahkan kepada tim Panitia Khusus (Pansus) Pembangunan DPRD dan Pelepasan Aset, untuk menentukan lokasi pembangunan gedung wakil rakyat itu.

“Pihak DPRD sendiri sudah membentuk Pansus, kami kira itu gagasan bagus dan sepenuhnya diberikan kewenangan untuk menentukan lokasi tepat pembangunan gedung DPRD,” kata Gubernur Sulut, di Manado, Senin.

Pembangunan gedung DPRD Sulut dinilai sangat mendesak dan penting, karena gedung yang lama dan berlokasi di bilangan Sario manado, dinilai tidak representatif lagi.

Ada tiga lokasi pembangunan yang sempat ditawarkan pihak Pemprov Sulut kepada DPRD untuk dikaji, diantaranya di Kelurahan Kaywatu, Lahan Balitka dan Kompleks Kitawaya, semuanya di Kota Manado.

“Jika pihak Pansus DPRD sudah menyelesaikan kajiannya, itu diserahkan ke Pemprov untuk ditindaklanjuti,” kata Gubernur.

Sementara itu, Ketua Pansus Pembangunan Gedung DPRD Sulut, Edison Masengi mengatakan, untuk membahas rencana pembangunan gedung wakil rakyat dan pelepasan aset itu, masih membutuhkan telaah hukum, sehingga tidak bermasalah dikemudian hari.

“Lembaga DPRD Sulut turut terlibat pada proses pembangunan gedung yang baru, namun tidak ingin terjerumus pada proses salah, maka kami akan meminta semua telaah hukum dari Pemprov Sulut dan kalangan akademisi maupun praktisi,” kata Masengi.

DPRD Sulut sengaja membuat Pansus karena akan memberi kajian kepada Pemprov Sulut. Untuk rencana relokasi pembangunan gedung wakil rakyat yang baru, setelah disetujui akan ada sistem Build, Oparate, Transfer (BOT) dengan salah satu perusahaan ternama di Indonesia.

Salah satu perusahaan PT Trans Corp akan membangun gedung DPRD Sulut yang baru, dan lokasi yang lama akan dimanfaatkan sebagai pusat perdagangan, bisnis serta informasi dan telekomunikasi.

“Sementara soal lokasi tempat pembangunan itu, nanti menunggu kajian karena masih berproses,”ujarnya. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading