Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Pemprov Sulut Akan Perketat Usulan Rolling Pejabat dari Pemkab/Pemkot

Tonny Sumakul   |   20 September 2012 – 12:25 WITA
Mecky Onibala

Asisten I Pemprov Sulut, Drs. Mecky Onibala MSi

MANADO, (manadotoday.com) –Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penilaian, jika seorang Bupati/Walikota sering melakukan rolling terhadap pejabat eselon II, dapat menghambat maksimalisasi pelaksanaan Otonomi Daerah (Otda).

Dalam rangka menindaklanjuti pernyataa pihak Kemendagri itu, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), akan memperketat setiap usulan rolling pejabat eselon II, yang diajukan Pemkab/Pemkot di Sulut.

“Gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah, memiliki kewenangan memfilter sebaik mungkin, setiap usulan rolling khusus eselon II. Ini dimaksud, agar tak ada kepala daerah di Sulut, yang semaunya mengganti apalagi menonjobkan pejabat,” ujar Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Sulut, Drs. Mecky Onibala M.Si.

Dijelaskannya, sampai saat ini masih ada kepala daerah di Sulut, yang belum memaksimalkan pelaksanaan aturan rolling pejabat. Hal itu dibuktikan dengan beberapa daerah yang memiliki pejabat eselon II berstatus Pelaksana Tugas (Plt), karena melakukan pelantikan tanpa berkoordinasi dengan Pemprov.

“Ini sangat disayangkan. Sebab, bicara Plt, pejabat bersangkutan tak dibenarkan menerima hak-hak tunjangan jabatan. Memang, pak Gubernur dalam hal ini bukannya ingin mencampuri urusan mutasi eselon II, namun sesuai undang-undang dan aturan, mengharuskan Gubernur melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan sebagai wakil pemerintah pusat di daerah,” tandas mantan Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) Sulut itu.

Untuk itu Onibala menghimbau, agar seluruh Kepala Daerah di Sulut patuh terhadap aturan yang ada, dan tak sembarangan melakukan mutasi pejabat, terlebih menonjobkan pejabat tanpa alasan yang jelas. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading