Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Pemprov Sulut Akan Selesaikan Kontroversi Rolling Pejabat di Pemkot Manado

Tonny Sumakul   |   20 September 2011 – 16:04 WITA

Sumampow : Tinggal Menunggu Petunjuk Resmi Mendagri

Manado Today – Guna mengakhiri kontroversi terkait rolling pejabat eselon II dilingkup Pemkot Manado, sesuai pernyataan resmi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) agar diselesaikan oleh Gubernur Sulut DR. SH Sarundajang yang adalah wakil Pemerintah Pusat di daerah, Pemprov Sulut menyatakan akan segera menyelesaikan kontroversi rolling pejabat tersebut. Hal itu disampaikan juru bicara Gubernur Sulut, Christian Sumampow SH Med.

Christian Sumampouw

Juru Bicara Pemprov Sulut : Christian Sumampouw SH Med

“Ya, kami akan segera menyelesaikan kontroversi yang terjadi atas rolling pejabat eselon II dilingkup Pemkot Manado. Kami tinggal tunggu petunjuk resmi Mendagri,” kata Sumampow.

Dijelaskannya lagi, memang sebelumnya Pemprov Sulut telah melayangkan surat yang kepada Pemkot Manado, untuk meninjau kembali SK Penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah dan pejabat Eselon II Pemkot Manado, yang diterbitkan beberapa waktu yang lalu, agar Pemkot Manado membatalkan SK tersebut, dan ditembuskan kepada Mendagri.

“Surat yang dilayangkan tersebut, karena Gubernur dalam hal ini hanya untuk menegakan peraturan dan ketentuan yang berlaku, seperti Permendagri Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pedoman Penilaian Calon Sekretaris Daerah Provinsi Dan Kabupaten/Kota Serta Pejabat Struktural Eselon II Di Lingkungan Kabupaten/Kota, sebagai pelaksanaan UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Selain itu, PP Nomor 19 Tahun 2010 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tugas Dan Wewenang Serta Kedudukan Keuangan Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Di Wilayah Provinsi sebagaimana telah diubah melalui PP No. 23 Tahun 2011 dan juga PP No 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil,” terang Sumampow.

Ia menyampaikan lagi, dalam aturan juga menyatakan, seorang Plt tak memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang berkaitan dengan administrasi keuangan, serta administrasi penyelenggaraan pemerintahan yang berimplikasi hukum. Itu tentunya akan menghambat penyelenggaraan pemerintahan di Kota Manado.

“Jadi penyelesaian permasalahan rolling pejabat di Manado, agar penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Manado akan berjalan semestinya,” ungkap Sumampow.

Disinggung mengenai proses hukum yang ditempuh oleh mantan Sekkot Manado, Harold Monareh atas gugatannya ke Pengadilan, Sumampow mengatakan, Pemprov Sulut tetap menghormati proses hukum tersebut.

“Kami tetap hormati proses hukum yang dilakukan Monareh, dan itu akan menjadi bahan pertimbangan Pemprov untuk mengambil langkah,” kata Kabag Humas Setdaprov Sulut itu, seraya menambahkan, dalam mengambil keputusan, pihaknya akan tetap menunggu petunjuk resmi Mendagri. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading