Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Pemprov Sulut Belum Sampaikan Naskah Akademik Usulan Ranperda

Staff Manado Today   |   20 Juni 2011 – 21:10 WITA

Manado Today – Lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diusulkan Pemprov Sulut ke wakil rakyat di ‘Gedung Cengkih’ Sulut, hingga saat ini belum menjadwalkan lanjutan pembahasan. Pasalnya, Pemprov sendiri, belum menyampaikan Naskah Akademik soal usulan lima Ranperda itu.

“Kami belum lakukan pembahasan lanjutan, sebab Pemprov belum menyampaikan naskah akademik. Sehingga, belum ada acuan apakah produk hukum itu, dapat menyentuh langsung kepentingan rakyat,” ungkap Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Sulut, Victor Mailangkay, Senin (20/6/2011).

Menurutnya, ranperda itu nantinya akan diuji publik, terutama dari kalangan pemangku kepentingan, akademisi dan sebagainya, sehingga semua kebutuhan untuk penyusunan ranperda menjadi perda harus dipenuhi.

“Naskah akademik itu penting untuk jadi acuan untuk membahas setiap Ranperda. Karena, itu didasarkan pada PP 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Tata Tertib DPRD,” jelas Mailangkay.

Seperti diketahui, lima Ranperda usulan Pemprov ke DPRD Sulut, diantaranya Pajak Daerah, Tarif Retribusi Pelayanan Kesehatan di RSKD Prof dr Ratumbuysang, Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, Perubahan atas Peraturan Daerah Sulut Nomor 2 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Provinsi Sulut.

Selain itu, Perubahan atas Peraturan Daerah Sulut Nomor 4 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan dan Penelitian Daerah (Bappeda), serta Lembaga Teknis Daerah dan lembaga-lembaga lain di Sulut yang akan mengatur mengenai Perda Badan Pengelolaan Perbatasan, Sekretariat Korpri, serta Perubahan Biro Keuangan menjadi Badan Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Jadi kami tak bisa membahas Ranperda itu tanpa ada naskah akademik, karena itu yang melatari setiap pembahasan Ranperda sebelum dihasilkan menjadi produk hukum baru,”imbuhnya. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading