Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Pemerintahan

Pemprov Sulut Berhasil Pertahankan WTP atas Pengelolahan Keuangan Daerah

Manado Today   |   25 Juli 2011 – 18:16 WITA

Manado Today – Setelah tahun 2010 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pengelolaan keuangan daerah, tahun 2011 kembali berhasil meraih penghargaan serupa. Hal ini terungkap dalam rapat Paripurna Penyerahan hasil pemeriksaan BPK perihal pengelolaan keuangan Pemprov Sulut tahun anggaran 2010, yang digelar di ruang rapat Paripurna DPRD Sulut, Senin (25/07/2011), yang disampaikan oleh Rahmodi Saptogiri SE MM Ak Plh BPK Perwakilan Sulut.

Pemprov Sulut Berhasil Pertahankan WTP atas Pengelolahan Keuangan Daerah

DR. SH Sarundajang

Dijelaskannya bahwa ada empat opini laporan keuangan yang diberikan oleh BPK terhadap laporan keuangan daerah, yakni WTP. Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Tidak Wajar dan Disclaimer (tidak menyatakan pendapat). Terkait laporan BPK dikatakan Saptogiri BPK memberikan pendapat WTP terhadap pengelolaan keuangan Pemprov Sulut tahun Anggaran 2010 dengan paragraf penjelasan dengan kategori terbaik.

“BPK dalam memberikan opini laporan keuangan didasarkan pada independensi, intergritas dan profesionalis yang merupakan kode etik dan nilai dasar BPK sehingga tidak ada interfensi pihak manapun, dan dilakukan secara ketat baik tingkat tim maupun BPK,” ungkapnya.

Meski begitu katanya opini WTP tidak sepenuhnya menjamin bahwa tidak terjadi penyimpangan yang dapat berujung pada tindak pidana korupsi, karena seluruh audit pemeriksaan BPK, tidak didisain untuk melakukan pemeriksaan populasi atau pemeriksaan seluruh transaksi.

“Namun harus diyakini bahwa laporan keuangan yang meraih WTP, kesempatan penyimpangan minimal, karena seluruh aspek material telah tercover di dalam pemeriksaan BPK,” tukasnya sembasri memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi Sulut dan berharap opini ini dapat dipertahankan. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading