Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Lowongan Kerja, Pemerintahan

Pemprov Sulut Buka Penerimaan Tenaga Penyuluh

Redaksi Manado Today   |   11 Agustus 2011 – 16:19 WITA

Manado Today – Seiring dengan minimnya tenaga itu di daerah, Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) akan membuka penerimaan tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan kehutanan Provinsi Sulut, Rene Hosang, di Manado, Kamis tadi.

“Pemerintah pusat telah memudahkan penerimaan tenaga penyuluh hingga ke daerah, tanpa ada biaya atau sepenuhnya anggaran ditanggung pemerintah,” kata ujarnya.
Kemudahan lainnya yakni pemerintah pusat memberikan kesempatan bagi mereka yang baru lulus SMA, SPP, STM Pertanian atau Penyuluh Pertanian Lulusan Diploma III, untuk melanjutkan pendidikannya mencapai jenjang Diploma IV, dengan biaya yang ditanggung pemerintah alias gratis.
Menurutnya, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan dinilai sangat penting dalam upaya membantu masyarakat menggerakan sektor riil tersebut. Apalagi jumlah tenaga penyuluh yang dimiliki saat ini di Sulut hanya sebanyak 1.000 orang lebih, tidak mampu untuk melayani kebutuhan masyarakat yang tersebar di 1.545 desa se Sulut. “Idealnya setiap desa memiliki dua orang penyuluh, sementara rekrutan tenaga penyuluh dilakukan secara bertahap setiap tahun,” katanya.
Berbagai persoalan terus dialami petani terkait sulitnya mendapakan hasil tanaman yang produktif serta kurang memahaminya mengelolah pertanian, akan menjadi tugas utama para tenaga penyuluh untuk mengatasi kesulitan itu. Tugas utama tenaga penyuluh itu untuk membina kelompok tani atau nelayan agar mampu mandiri dalam peningkatan produktivitas tanaman atau hasil perikanan tangkap dan sebagainya.
Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sulut, Lexi Solang, mendukung penuh penerimaan tenaga penyuluh di daerah, guna membantu sektor riil yang menjadi prioritas utama pemerintah dan masyarakat. “Tenaga penyuluh yang direkrut selain berkompetensi, mampu menjalankan tugas hingga ke desa-desa, juga harus diberikan insentif sesuai kinerja yang ada,” jelasnya.
Tenaga penyuluh yang direkrut nanti, harus disekolahkan lagi oleh pemerintah daerah, guna menambah wawasan mereka terhadap bidang tugas masing-masing. (ant/hma)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading