Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline

Pemprov Sulut Dinilai Lambat Selesaikan Tapal Batas Bitung – Minut

Aldy Monareh   |   1 Maret 2012 – 19:23 WITA
Wakil Gubernur Sulut

Wakil Gubernur Sulut, Dr. Djouhari Kasil MPd

Bitung (manadotoday.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dinilai lambat dalam penyelesaian masalah tapal batas antara Kota Bitung dan Minahasa Utara (Minut). Pasalnya, hingga kini penyelesaian batas wilayah antara kedua daerah itu, hingga kini belum diselesaikan Pemprov Sulut.
“Kami pertanyakan komitmen pemprov Sulut, dalam menyelesaikan tapal batas Bitung – Minut. Selam ini Pemprov terkesan tak serius menyelesaikan tapal batas yang berada di Tendeki Bitung dan Rok-rok Minahasa Utara,” unjar Ketua LSM LIRA, Sunny Kakauhe.
Menurutnya lagi, masalah tapal batas tersebut jika tak diselesaikan secepatnya, sama saja Pemprov Sulut memelihara “bom waktu” antara Kota Bitung dan Minahasa Utara.
“Masalah batas wilayah sangat rentan dengan masalah keamanan. Sebab, sudah banyak kejadin dalam persoalan tapal batas, sering menjadi pemicu terjadinya konflik antar warga di daerah tapal batas,” ungkap Kakauhe lagi.
Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kasil MPd, ketika dikonfirmasi terkait penyelesaian batas wilayah Bitung – Minut, menyatakan, bahwa pihaknya saat ini sementara melakukan penyelesaian tapal batas Bitung – Minut itu.
“Saat ini sedang dilakukan negosiasi antara Bitung dan Minut, yang difasilitasi Pemprov. Sebab, yang merundingkan adalah kedua daerah itu. Tapi jika belum titik temu, kami pasti akan segera memutuskan tapal batasnya,” ujar Kansil.
Dirinya berharap, agar dalam penyelesaian tersebut dilakukan secara damai, agar tak menimbulkan konflik antara kedua daerah.
“Selesaikan itu secara damai,” kata Kansil.
Diketahui, pada pertemuan antara kedua daerah yang menghadirkan masing-masing Kepala Daerahnya serta unsur Forkopimdanya yang difasilitasi Pemprov Sulut, kedua daerah menyerahkan sepenuhnya penyelesaian masalah tapal batas itu ke Pemprov Sulut. (lou/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading