Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Pemprov Sulut Fasilitasi Penyelesaian Batas Minahasa Tenggara dan Bolmong Timur

Tonny Sumakul   |   12 April 2012 – 17:37 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), kembali menfasilitasi penyelesaian batas wilayah antara Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Bolmong Timur (Boltim).

Pemprov Sulut Fasilitasi Penyelesaian Batas Minahasa Tenggara dan Bolmong Timur

Salah satu titik batas wilayah Boltim dan Mitra yang ditinjau Pemprov Sulut belum lama ini

Kegiatan yang dilaksanakan Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut itu, dipimpin langsung Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Mecky Onibala M.Si, dihadiri kedua pihak, yakni untuk Boltim dibawa pimpinan Asisten I bidang Pemerintahan Amir Musa, dari  Mitra dibawa pimpinan  Sekretaris Daerah Kabupaten (Stedakab) Drs. Freddy Lendo.

Dalam arahannya, Onibala menekankan agar masalah batas wilayah kedua daerah, harus diselesaikan oleh kedua daerah tersebut, dengan difasilitasi Pemprov Sulut.

“Ini  penting, supaya keputusan yang diambil benar-benar adalah kesepakatan bersama, dan takkan lagi muncul permasalahan dikemudian hari,” ujar Onibala.

Kata dia, pihak Pemprov Sulut sendiri, akan terus memantau penyelesaian batas wilayah Mitra dan Boltim itu, agar benar-benar menghasilkan titik temu yang tak merugikan salah satu pihak.

“Dalam menfasilitasi penyelesaian batas wilayah itu, kami akan mengambil langkah yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ini gunanya untuk memberikan kepastian hukum, pada masing-masing pihak, demi tertib administrasi batas daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, Dr. Noudy Tendean, SIP, M.Si didampingi Kabag Pemerintahan Drs. Lucky Taju, M.Si, mengatakan, dalam pertemuan antara Pemkab Boltim dan Mitra itu, menyepakati bahwa pembahasan akan kembali dilakukan dua minggu ke depan.

“Untuk waktu dua minggu ini, kedua pihak akan secara bersama-sama menetukan titik-titik batas, yang akan menjadi patokan untuk penarikan garis batas wilayah kedua daerah,” kata Tendean.

Ia menambahkan, apabila tak didapatkan titik temu, maka masing-masing Kepala daerah dan Pimpinan DPRD Kabupaten, akan membuat surat pernyataan untuk menyerahkan penyelesaian tersebut kepada Pemprov Sulut.

“Jika tak ada titik temu, akan diambil alih Pemprov. Dan dalam penetuan batas wilayah dari Pemprov, akan mengundang pihak Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, untuk turun langsung ke lapangan, guna menentukan titik-titik yang akan menjadi patokan penarikan garis batas wilayah Boltim dan Mitra,” terang Tendean, sembari menambahkan penetapan akhir Batas Wilayah itu,  nantinya akan dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading