Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemprov Sulut Gelar Rakor Pemanfaatan SDA Ramah Lingkungan

Tonny Sumakul   |   29 Maret 2012 – 21:21 WITA

MANADO (manadotoday.com) – Dengan melibatkan stakeholders di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut), Pemprov Sulut menggelar rapat koordinasi (rakor) pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang ramah akan lingkungan.
Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Gubernur itu, Kamis (29/3) dibuka Sekprov Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, didampingi Kepala Biro SDA Setdaprov Sulut, Ir. Sandra Moniaga MSi.
Dalam sambutannya, Mokodongan menyampaikan, agar dalam pembangunan diberbagai sektor, harus memahami pentingnya keberadaan lingkungan hidup di sekitar pembangunan itu.
Menurut mantan Kepala Dinas Kehutanan Sulut itu, bahwa sejak diberlakukan UU Nomor 32 tahun 2004, tentang pemerintahan daerah, maka diberikan kewenangan kepada daerah, untuk mengatur dan mengurus penyelenggaraan pemerintahan di daerah itu sendiri, dengan mengakomodasi program terpadu, termasuk dalam penggunaan tehnologi rama lingkungan, konservasi pendayagunaan SDA, dan pemberdayaan SDM.
Kata dia, dalam UU No.32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup juga, bahwa salah satu instrumen pencegahan pencemaran lingkungan, adalah dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Didalamnya, mengamanatkan agar pemerintah daerah, wajib membuat dan menyusun dokumen KLHS tersebut.
“Itu yang harus kita pahami, sepertihalnya dalam dokumen perencanaan pembangunan daerah RPJPD, RPJMD, RTRW serta rencana rincinya,” ujar Mokodongan.
Ditambahkannya, agar kedepan semua pihak akan dapat memikirkan, merumuskan, juga mensinergikan program kerja, terkait upaya pemanfaatan SDA, yang ramah lingkungan.
Dalam rakor itu, dihadiri juga pakar Unsrat sebagai pembicara, yakni Koordinator Laboratorium Fakultas Pertanian Dr. Zetly Tamot MSi, Ketua Badan Pengelola Pesisir Laut Pro. Dr. Ir. Rene Charles Kepel DEA, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sulut, Ir. Olvie Ateng MSi. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading